Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Mantan Bos KS Jadi Dirjen Imigrasi, Erick Thohir Ajak Kolaborasi Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Silmy Karim mengaku memiliki tiga fokus utama dalam 100 hari kerja pertama, yang meliputi pelayanan, digitalisasi dan golden visa.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Mantan Bos KS Jadi Dirjen Imigrasi, Erick Thohir Ajak Kolaborasi Genjot Pertumbuhan Ekonomi
HO
Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirjen Imigrasi Silmy Karim 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung penuh mantan Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Silmy Karim dalam mengemban amanah sebagai Direktur Jenderal Imigrasi.

Erick mengatakan BUMN siap berkolaborasi dengan Silmy untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menekankan pentingnya pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia dan warga negara lain yang hendak berwisata maupun berinvestasi di Tanah Air.




Erick mengatakan BUMN seperti Telkom dan Himbara siap meningkatkan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi dalam peningkatan kualitas pelayanan, baik untuk pekerja migran Indonesia (PMI) maupun warga negara lain.

"Hal ini penting dalam upaya kita membuka lapangan kerja, kuncinya di sini. Kalau dia (warga negara lain) tidak bisa datang ke sini, tentu tidak ada lapangan kerja," ucap Erick dalam keterangannya dikutip, Rabu (11/1/2023).

Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim menyambut positif dukungan Erick. Dia mengaku memiliki tiga fokus utama dalam 100 hari kerja pertama, yang meliputi pelayanan, digitalisasi dan golden visa.

"Ketiga hal ini akan kita upayakan dalam 100 hari ke depan. Dengan dukungan Pak Erick, tadi kita sudah diskusi dan sudah didukung juga. Terima kasih Pak Erick, luar biasa sehingga kita bisa deliver lebih cepat," kata Silmy.

BERITA TERKAIT

Silmy Karim resmi dilantik sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada Rabu (4/1/2023).

Baca juga: Jabat Dirjen Imigrasi, Silmy Karim Diminta Fokus Pada Pelayanan dan Penegakan Hukum

Dalam sambutannya, dia meminta dukungan Menkumham Yasonna Laoly serta semua pihak di lingkungan Kemenkumham dan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk melaksanakan tugasnya.

“Saya izin bergabung dengan keluarga besar Kementerian Hukum dan HAM RI, khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi. Dalam kesempatan ini saya ingin memohon dukungan dari Bapak Menteri Hukum dan HAM beserta jajarannya agar dapat menjalankan tugas-tugas selaku Dirjen Imigrasi dengan optimal,” ungkap Silmy di Graha Pengayoman Kemenkumham RI, Jakarta Selatan.

Ia juga menyampaikan harapannya agar dapat bekerja sama bahu-membahu dengan seluruh jajaran Imigrasi Indonesia untuk membuat Imigrasi lebih maju. 

Baca juga: Kantor Imigrasi TPI Soekarno-Hatta Tolak 1.222 WNA Masuk Indonesia, Paling Banyak dari Bangladesh

Menurutnya, inovasi untuk memberi pelayanan publik yang menjawab kebutuhan masyarakat harus terus berlanjut. 

Imigrasi harus menjadi garda terdepan yang andal untuk menegakkan kedaulatan wilayah Republik Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas