Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Black Box Pesawat ATR 72 Yeti Airlines yang Jatuh Berhasil Ditemukan

Otoritas Penerbangan Sipil Nepal telah memeriksa semua pesawat ATR 72 dan ATR 42 yang beroperasi di negara itu dan tidak menemukan kesalahan teknis

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Black Box Pesawat ATR 72 Yeti Airlines yang Jatuh Berhasil Ditemukan
AFP/PRAKASH MATHEMA
Tim penyelamat memeriksa reruntuhan di lokasi kecelakaan pesawat Yeti Airlines di Pokhara pada 15 Januari 2023. Setidaknya 67 orang dipastikan tewas pada 15 Januari ketika sebuah pesawat dengan 72 penumpang jatuh di Nepal, kata polisi, di negara Himalaya itu. bencana penerbangan paling mematikan dalam tiga dekade. (Photo by PRAKASH MATHEMA / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, KATHMANDU – Petugas penyelamat gabungan di Nepal telah berhasil menemukan kotak hitam (black box) dari pesawat Yeti Airlines yang jatuh pada Minggu (15/1/2023).

Kepala Komite Keselamatan Transportasi Nepal, Teknath Sitaula, mengatakan kotak hitam yang terdiri dari Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) ditemukan dalam kondisi baik.




“Kedua alat perekam dalam kondisi baik dan akan dikirim untuk dianalisis berdasarkan rekomendasi pabrikan,” kata Sitaula.

Otoritas Penerbangan Sipil Nepal telah memeriksa semua pesawat berjenis ATR 72 dan ATR 42 yang beroperasi di negara itu dan tidak menemukan kesalahan teknis di dalamnya.

“Saat ini terdapat 16 pesawat ATR 72 dan tiga ATR 42 dengan beberapa maskapai penerbangan yang mengoperasikannya,” kata juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Nepal.

Di ibu kota Nepal, Kathmandu, sekitar 100 orang menyalakan lilin pada Senin (16/1/2023) malam untuk mengenang para korban kecelakaan dan meminta pemerintah untuk memastikan standar keselamatan yang tepat.

BERITA TERKAIT

Belasungkawa juga mengalir dari seluruh dunia, termasuk Vatikan.

Baca juga: Penumpang India Rekam Detik-detik Kecelakaan Pesawat Yeti Airlines di Nepal

"Yang Mulia Paus Fransiskus mengirimkan belasungkawa kepada Anda dan semua yang terkena dampak tragedi ini, bersama dengan doanya bagi mereka yang terlibat dalam upaya pemulihan," kata Pietro Parolin, sekretaris Kardinal Vatikan.

Terlepas dari kecelakaan tersebut, para pakar penerbangan menggarisbawahi perlunya pemerintah membubarkan Otoritas Penerbangan Sipil Nepal (CAAN), yang mengatur penerbangan dan mengelola bandara.

Baca juga: Pesawat ATR-72 Yeti Airlines Jatuh di Nepal Renggut Nyawa 68 Penumpang

“Pemerintah harus segera memisahkan badan pengawas dan penyedia layanan dengan memisahkan Otoritas Penerbangan Sipil Nepal (CAAN) yang saat ini bekerja untuk keduanya,” ujar K.B. Limbu, pakar penerbangan dan pensiunan pilot.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas