Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kartu Prakerja Cari Mitra Pelatihan Berkualitas untuk Program Tahun 2023

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) mencari mitra, baik dari lembaga pelatihan berkualitas untuk program Kartu Prakerja tahun 2023.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kartu Prakerja Cari Mitra Pelatihan Berkualitas untuk Program Tahun 2023
HO
Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) mencari mitra, baik dari lembaga pelatihan berkualitas untuk program Kartu Prakerja tahun 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) mencari mitra, baik dari lembaga pelatihan berkualitas untuk program Kartu Prakerja tahun 2023.

Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem Prakerja, Kurniasih Suditomo mempersilakan lembaga pelatihan baik yang pernah bergabung maupun yang belum untuk menjadi bagian dari ekosistem Prakerja dengan mengikuti seleksi penyediaan pelatihan.

"PMO kartu Prakerja saat ini sedang mengajak banyak Lembaga Pelatihan di seluruh Indonesia untuk menjadi bagian dari ekosistem Kartu Prakerja dengan mengikuti seleksi," kata Kurniasih saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu ( 18/1/2023).

Proses seleksi lembaga pelatihan akan melibatkan tim ahli independen yang menjalankan fungsi akreditasi.

Standar kualitas pelatihan pada tahun 2023 akan ditingkatkan dengan menggunakan lebih dari 90 indikator penilaian.

Standar pemantauan juga meningkat dengan lebih dari 70 indikator, dibantu oleh tim pemantau independen.

BERITA REKOMENDASI

Kurniasih mengatakan lembaga pelatihan harus berkompetisi dalam kualitas dan harga. Pelatihan yang lolos asesmen dan sudah ditayangkan di platform digital tidak menjamin dipilih peserta.

Baca juga: Kartu Prakerja 2023 Gunakan Skema Normal, Ini Contoh Pelatihan Offline yang akan Diberikan

Cara seleksinya, lembaga pelatihan dapat menghubungi mitra platform digital Program Kartu Prakerja seperti Tokopedia, BukaLapak, Karirmu, Pintar, Sisnaker, Pijar Mahir, dan SIAPKerja.  

Kurniasih mengatakan lembaga pelatihan dari Sabang sampai Merauke dapat mengikuti seleksi dengan mengirimkan proposal di platform digital tersebut.

Lembaga pelatihan juga harus menyiapkan persyaratan yang ditentukan manajemen program Kartu Prakerja.

"Silakan masuk ke platform digital yang sudah ada kerja sama dengan kita, yaitu Tokopedia, Bukalapak, Karirmu, Pintar, Disnaker, atau Siap kerja. Di situ sudah bisa di download, diunduh panduannya. Silakan para lembaga pelatihan dari Sabang sampai Merauke untuk mengikuti seleksi, mengirimkan proposal mereka, yang terdiri dari berapa macam pelatihan, siapa instrukturnya dan bagaimana bentuk pelatihan yang ingin diberikan," ujarnya.

Baca juga: Daftar 10 Provinsi Lokasi Pelatihan Luring dan Bauran Program Kartu Prakerja 2023

Sebagaimana diketahui pemerintah memastikan program Kartu Prakerja berlanjut pada tahun 2023 dengan fokus untuk meningkatkan kompetensi, produktivitas, kewirausahaan, dan saya saing angkatan kerja.

Sehingga program Kartu Prakerja bukan lagi sebagai Bantuan Sosial (Bansos) sebagaimana di masa pandemi Covid-19.

Program ini memberikan saldo bantuan pelatihan secara langsung senilai 4,2 juta per individu melalui ekosistem pelatihan online dan offline.

Pembukaan gelombang pertama skema normal akan dilakukan pada triwulan 1 tahun 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas