Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Iqbal Alan Abdullah Optimisme Ekonomi indonesia Semakin Kuat dan Tangguh Hadapi Tantangan Tahun Ini

Dalam hal ini koperasi berperan penting untuk memperkuat ekonomi anggota kami khususnya UMKM anggota kami di grass root

Penulis: Toni Bramantoro
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Iqbal Alan Abdullah Optimisme Ekonomi indonesia Semakin Kuat dan Tangguh Hadapi Tantangan Tahun Ini
istimewa
Dr Iqbal Alan Abdullah di sela-sela rakernas di Sari Ater Hotel & Resort Subang, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Toni Bramantoro

TRIBUNNEWS.COM, SUBANG - Ketua Koperasi TC Invest Dr Iqbal Alan Abdullah, MSc menyebut dirinya optimis ekonomi Indonesia makin tangguh di tahun 2023 meskipun secara global banyak lembaga internasional memprediksi terjadinya perlambatan akibat tekanan ekonomi dan kebijakan ekonomi yang ketat di Amerika Serikat, China, Eropa termasuk dampak dari perang Rusia-Ukraina.

"Dalam hal ini TC Invest ingin menjadi bagian yang memberikan optimisme bahwa ekonomi kita akan semakin kuat dan tangguh menghadapi tantangan yang ada.

Dalam hal ini koperasi berperan penting untuk memperkuat ekonomi anggota kami khususnya UMKM anggota kami di grass root. Kalau ekonomi di grass root itu kuat maka nasional akan makin kuat," ungkap Iqbal di sela-sela rakernas di Sari Ater Hotel & Resort Subang, Jawa Barat.

Rakernas yang membahas Evaluasi Kerja 2022 dan Rencana Kerja (RK) 2023 sudah berlansung dari Kamis lalu hingga Minggu (29/1/2023).

Hasil rapat yang dihadiri Pengurus dan Manajemen Koperasi dari seluruh Indonesia itu nantinya dibawa ke Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang segera akan dilaksanakan setelah rakernas ini.

Baca juga: Menkop Teten Ajak Kader PDI Perjuangan Perkuat Ekonomi Kerakyatan

Sejumlah tantangan yang dihadapi TC Invest di berbagai cabang antara lain ketersediaan dukungan sumber daya manusia (SDM) koperasi yang yang sesuai dengan standard yang diinginkan, dan pengembangan unit bisnis di masing-masing cabang yang memberikan kemudahan bagi para anggota koperasi TC Invest antara lain TCI Mart, aplikasi Juara, Aminin Travel Umrah dan Haji, termasuk kerja sama dengan para mitra dalam pengembangan usaha kuliner, oleh-oleh, buket bunga, dan lainnya dengan keterlibatan anggota di dalamnya.

BERITA TERKAIT

"Di berbagai cabang kita membutuhkan SDM yang mampu menjawab kebutuhan yang ada. Apalagi kita memang terus akan mengembangkan organisasi lebih luas lagi. "

Adji Srihandoyo/Ketua Business Development Director TC Invest menyebut selain mendengar laporan masing- masing cabang, rapat kali ini juga dalam rangka menyusun rencana kegiatan 2023 yang diharapkan akan mencapai target yang lebih baik lagi dari tahun 2022.

"Kita ingin juga memotivasi teman-teman di setiap cabang untuk tetap inovatif dalam mengembangkan program. Karena itu kita menghadirkan motivator dan juga narasumber lain untuk topik Hypno-Selling, Design-Thinking, Service Quality dan lainnya," jelas Adji.

Pada Rakernas kali ini juga ditekankan pentingnya fungsi pengawasan dan tertib administrasi yang harus melekat (built-in) dan harus dicermati oleh para pimpinan ataupun leaders seperti yang disampaikan oleh Ketua Pengawas Koperasi TC Invest Dr Aripin.

Sementara itu Sekretaris Koperasi TC Invest Jones Sirait menyebut TC Invest sebagai koperasi yang telah berbasis digital - harus selalu mampu memberikan manfaat bagi para anggotanya dan menjadi role-model di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas