Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Belanja Produk Dalam Negeri SIG pada 2022 Mencapai Rp21,39 Triliun

PT Semen Indonesia (SIG) mencatat realisasi belanja produk dalam negeri sepanjang 2022 mencapai Rp21,39 triliun, atau 92,3% dari total

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Belanja Produk Dalam Negeri SIG pada 2022 Mencapai Rp21,39 Triliun
istimewa
Presiden Joko Widodo menyerahkan penghargaan kepada Direktur Utama SIG Donny Arsal, dalam rangkaian acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri dan P3DN Tahun 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Rabu (15/3/2023) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Semen Indonesia (SIG) mencatat realisasi belanja produk dalam negeri sepanjang 2022 mencapai Rp21,39 triliun, atau 92,3 persen dari total belanja barang dan jasa perseroan sebesar Rp23,16 triliun.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, penggunaan produk dalam negeri pada komponen operasional perusahaan, sebagai dukungan terhadap upaya membangun kemandirian, kedaulatan industri Tanah Air dan ketahanan ekonomi nasional.

"Melalui penggunaan produk dalam negeri, SIG berharap industri dalam negeri dapat menjadi penggerak perekonomian dengan membuka peluang kerja dan usaha yang luas, serta menjadikan Indonesia sebagai negara produsen," ujar Donny dalam keterangannya, Rabu (15/3/2023).

Baca juga: Fakta Baru Penemuan 2 Jasad Wanita Dicor di Bekasi, Kedatangan Mobil Pengangkut Semen Terekam CCTV

Atas penggunaan produk dalam negeri tersebut, SIG mendapat apresiasi dari Kementerian Perindustrian dengan diraihnya Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) tahun 2023 sebagai Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik, kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Penghargaan diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Direktur Utama SIG Donny Arsal, dalam rangkaian acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri dan P3DN Tahun 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Rabu (15/3/2023).

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan, penggunaan produk dalam negeri sangat strategis dalam rangka mendongkrak perekonomian negara.

BERITA TERKAIT

Karena itu, kementerian, lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah, hingga BUMN dan BUMD, harus mengoptimalkan kegiatan pengadaan barang dan jasa dari dalam negeri.

“Kalau ini kita lakukan, industri dalam negeri, industri UMKM kita, semuanya, akan hidup dan berkembang. Dengan kita membeli produk-produk dalam negeri, otomatis pertumbuhan ekonomi kita akan naik. Kemudian barang-barang produksi kita sendiri juga bisa kita gunakan,” kata Jokowi.

Jokowi menekankan, pembelian produk-produk dalam negeri dapat membantu pembukaan lapangan kerja dan menghidupkan industri kecil di dalam negeri. Dampaknya, perekonomian nasional akan terus bergerak dan tumbuh secara berkelanjutan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas