Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tol Japek 2 Selatan Paket 3 Rampung Akhir 2023, Konstruksinya Sudah 85 Persen

PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mengungkap paket tiga Sadang - Sukabungah dari Tol Jakarta - Cikampek 2 Selatan akan selesai

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tol Japek 2 Selatan Paket 3 Rampung Akhir 2023, Konstruksinya Sudah 85 Persen
dok. PUPR
Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan Paket 3 akan dibuka secara fungsional untuk jalur mudik 2023 pada H-10. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, KARAWANG - PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mengungkap paket tiga Sadang - Sukabungah dari Tol Jakarta - Cikampek 2 Selatan akan selesai pada akhir 2023.

Direktur Utama JJS Charles Lendra mengatakan, proses konstruksinya secara keseluruhan telah mencapai 85 persen.

"Secara keseluruhan, sudah mencapai 85 persen konstruksinya. Jadi yang kami targetkan akan selesai di akhir tahun ini, triwulan 4 untuk Sadang sampai Sukabungah," kata Charles di Karawang, Jawa Barat, Selasa (11/4/2023).

Baca juga: Progres Pelebaran Jalan di Tol Jakarta-Cikampek Capai 93 Persen, Sudah Bisa Dipakai di Lebaran 2023

Setelah konstruksi rampung, ia mengatakan masih ada beberapa tahap yang harus dilalui. Salah satunya adalah uji laik fungsi.

"Nanti setelah proses konstruksi ini kan ada tahapannya. Ada PHO, uji laik fungsi, dan WFL. Itu jembatan Citarum masih ada tes pembebanan. Kemudian abis itu kita mengajukan untuk mendapatkan sertifikat SLO untuk operasi. Biasanya juga ada tahapan fungsional secara gratis, baru diresmikam di triwulan 4," ujar Charles.

Charles mengatakan biaya pembangunan paket tiga ini sebesar Rp 5 triliun. Saat Lebaran 2024, jalan ini dipastikan sudah beroperasi. Untuk pembebasan lahan, posesnya tinggal tersisa sedikit lagi.

BERITA TERKAIT

"Tinggal 7 persen lagi. Sudah 93 persen (pembabasan lahannya)," kata Charles.

Sebelumnya, menjelang mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 siap difungsionalkan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai meninjau ruas tol ini bilang, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 akan dibuka secara fungsional untuk jalur mudik 2023 pada H-10.

"Ruas jalan tol ini akan dibuka secara fungsional H-10 Lebaran 2023. Mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang – SS Kutanegara – Taman Mekar – Jalan Pangkalan sepanjang 28,75 Km," tutur Basuki, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: BPJT Siapkan 9.000 Unit Toilet Portabel untuk Pemudik, Disebar di Seluruh Rest Area Jalan Tol

Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 yang dibangun PT Waskita Karya (Persero) Tbk ini nantinya diharapkan bisa mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

"Menjelang momentum Mudik Lebaran 2023 ini, Kementerian PUPR terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak demi kesiapan dan kenyamanan pelayanan jalan nasional maupun jalan tol, serta antisipasi peningkatan jumlah pengguna jalan menjelang Lebaran 2023," ucap Basuki.

Pembangunan konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan terbagi dalam tiga paket, yaitu Paket I Jati Asih - Setu, Paket II Setu - Sukabungah dan Paket III dari Sukabungah - Sadang.

Jalan Tol Japek II Selatan merupakan akses jalan tol yang dimulai dari Jati Asih menuju Sadang. Jalan tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jalan Tol Purbaleunyi.

Nantinya, akan ada tujuh gerbang tol (GT) di jalan tol ini. Ketujuh GT tersebut adalah GT Jati Asih, Bantar Gebang, Setu, Sukaragam, Taman Mekar, Kutanegara, serta Sadang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas