Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Soal Larangan Hijab Bagi Pramugari, Ini Tanggapan Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menegaskan tidak pernah melarang pramugari memakai hijab dalam melaksanakan tugasnya

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Soal Larangan Hijab Bagi Pramugari, Ini Tanggapan Garuda Indonesia
ist/facebook
Pramugari berjilbab 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menegaskan tidak pernah melarang pramugari memakai hijab dalam melaksanakan tugasnya sebagai awak kabin.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam acara Media Gathering di Kawasan Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2023).

"Kita tidak pernah melakukan larangan (memakai hijab)," kata Irfan, Jumat.

Baca juga: Dirut Garuda Indonesia akan Kaji Ulang Larangan Pemakaian Jilbab Bagi Pramugari

Dikatakan Irfan, pihaknya tak pernah melarang pramugari Garuda Indonesia untuk mengenakan hijab. Terlebih, saat ini sudah banyak yang mengenakan hijab saat menjadi awak kabin.

"Memang sekarang sudah banyak (pramugari berhijab) kita persilahkan," tegasnya.

Namun, dia meminta kepada pramugari maskapai Garuda Indonesia untuk menjaga akidah, dengan tidak menugaskan awak kabin berhijab saat dalam penerbangan yang menyediakan alkohol.

BERITA REKOMENDASI

"Kami minta mereka untuk sama-sama menjaga akidah, kita tidak akan menugaskan mereka pada penerbangan yang masih menyediakan minuman beralkohol dan sejenisnya," ungkapnya.

Sebelumnya, Irfan berjanji pihaknya akan mengkaji ulang kebijakan itu dengan melakukan diskusi intensif bersama para stakeholder.

Pada prinsipnya kata Irfan, Garuda Indonesia tidak melarang penggunaan jilbab bagi pramugari.

Irfan menyebut bahwa Garuda Indonesia memiliki nilai dan visi yang sama atas masukan dari berbagai pihak terkait atribut seragam awak pesawat, khususnya mengenai penggunaan jilbab bagi pramugari.

Baca juga: Periksa Pramugari RDG Airlines, KPK Selisik Soal Private Jet First Class-Aliran Uang Lukas Enembe

"Untuk itu, diskusi terus kami intensifkan, mengingat hal ini perlu disikapi secara cermat dan bijak, khususnya terkait kesiapan penggunaan jilbab pada seragam pramugari yang tidak hanya ditinjau dari kepentingan aspek service dan safety, namun utamanya juga memastikan terjaganya kepentingan pramugari sebagai individu yang memilih opsi penggunaan jilbab dalam kesiapannya sebagai garda terdepan pelayanan penerbangan Garuda Indonesia yang bergerak di segmen penerbangan full service," kata Irfan.

Irfan menyebut bahwa untuk sejumlah layanan rute penerbangan, Garuda Indonesia menerapkan penyesuaian atribut seragam awak pesawat mengacu pada regulasi destinasi tujuan maupun terkait kepentingan layanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas