Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenhub Distribusikan 1.000 Ton Beras Lewat Kapal Tol Laut

Ditjen Perhubungan Laut mendistribusikan sebanyak 1.000 ton beras dari Surabaya ke NTT untuk stabilisasi harga.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kemenhub Distribusikan 1.000 Ton Beras Lewat Kapal Tol Laut
Istimewa
Ditjen Perhubungan Laut mendistribusikan sebanyak 1.000 ton beras dari Surabaya ke NTT untuk stabilisasi harga. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mendistribusikan sebanyak 1.000 ton beras dari Surabaya ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha mengatakan, pendistribusian beras tersebut dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan nasional, serta merupakan hasil kerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui Perum Bulog.

Dia mengungkapkan, pasokan beras tersebut telah diberangkatkan menggunakan Kapal Tol Laut KM Kendhaga Nusantara 7 yang dioperasikan oleh PT PELNI (Persero).

"Pengiriman pasokan beras ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan ketersediaan beras di wilayah NTT," ujar Dirjen Arif dalam keterangannya, Kamis (18/5/2023).

Arif menegaskan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, bersama dengan instansi dan stakeholder terkait lainnya berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemenuhan kebutuhan pangan nasional serta menjaga stabilitas harga di wilayah Nusa Tenggara Timur melalui Tol Laut.

"Kami percaya bahwa kerjasama yang erat antara instansi pemerintah dan stakeholder terkait akan membawa manfaat yang positif bagi masyarakat, terutama dalam mendukung ketahanan pangan dan pembangunan ekonomi," tegasnya.

BERITA TERKAIT

Di sisi lain, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Hendri Ginting mengungkapkan, sejumlah 1.000 Ton beras diangkut dan didistribusikan ke wilayah NTT telah berangkat pada Sabtu (13/5).

"Kapal Tol Laut KM Kendhaga Nusantara 7 telah berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada tanggal 13 Mei 2023," ungkap Capt. Hendri.

Baca juga: Kemenhub Lepas Pelayaran Perdana Tol Laut Tahun 2023 di Surabaya

Hendri menambahkan, dalam perjalanan distribusi beras melalui Tol Laut ini, kapal mengangkut muatan seberat 120 Ton beras atau setara dengan 6 TEUs (Twenty-Foot Equivalent Units) dengan tujuan Labuan Bajo.

Sebanyak 200 Ton atau 10 TEUs dengan tujuan Ende, sebanyak 280 Ton atau 14 TEUs dengan tujuan Larantuka dan sebanyak 400 Ton atau 20 TEUs dengan tujuan Waingapu.

Baca juga: Tol Laut Patimban Angkut 800 Ton Beras Indramayu dan Cirebon Menuju Aceh

"Kami mengharapkan agar pasokan beras melalui Tol Laut ini dapat tiba dengan aman dan tepat waktu di berbagai destinasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur," ungkapnya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas