Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dijadwalkan Segera Beroperasi, Kemenhub Belum Tetapkan Tarif Perjalanan LRT Jabodebek

Moda transportasi massal LRT Jabodebek akan segera dioperasionalkan dalam waktu dekat, yakni pada Juli 2023. Tarif belum jelas

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Dijadwalkan Segera Beroperasi, Kemenhub Belum Tetapkan Tarif Perjalanan LRT Jabodebek
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Petugas berjalan di samping rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) saat dilakukan uji coba LRT Jabodebek di lintas pelayanan 2 Cawang-Dukuh Atas, di Jakarta, Rabu (15/3/2023). Kegiatan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) Experience tersebut sebagai rangkaian kegiatan uji coba 16 kereta dengan rangkaian 6 gerbong yang dijalankan secara otomatis sebelum resmi beroperasi pada Juli 2023. TRIBUNNEWS/JEPRIMA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Moda transportasi massal LRT Jabodebek akan segera dioperasionalkan dalam waktu dekat, yakni pada Juli 2023.

Namun, Kementerian Perhubungan selaku regulator masih belum memberikan kepastian terkait besaran tarif perjalanan keberangkatan LRT Jabodebek.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hanya mengucapkan dua patah kata saat ditanya awak media terkait tarif perjalanan.

Baca juga: Beroperasi Juli 2023, 18 Stasiun LRT Jabodebek Akan Tersambung dengan Moda Transportasi Lain

"Belum, belum ada (kepastian soal harga tarif perjalanan LRT)," ucap Menhub Budi saat ditemui di Kawasan Kota Kasablanka Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Sebelumnya, Manager Public Relation KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menyampaikan LRT Jabodebek akan mulai beroperasi pada 12 Juli 2023.

Dia menjelaskan penetapan tarif transportasi massal sejatinya sudah ditetapkan, namun belum diumumkan ke masyarakat.

BERITA REKOMENDASI

"Jauh hari kita sudah usulkan ke Kemenhub, tapi sampai saat ini belum ada penetapan atau informasi terkait tarifnya," kata Kuswardojo saat buka bersama dengan media di Restoran Tjikini Lima, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Kuswardojo mengatakan usulan dari KAI tarif LRT Jabodebek paling jauh akan berkisar Rp 24.000-25.000 per orang.

Baca juga: Lowongan Kerja PT LRT Jakarta untuk Lulusan D3, Buka 2 Posisi, Ini Persyaratannya

Lebih lanjut, usulan yang disampaikan yakni jarak pendek sebesar Rp 5.000 dan jarak terjauh ditaksir Rp 24.000.

Adapun untuk tarif rata-rata LRT Jabodebek berkisar Rp15.000.

Tarif sebesar itu, imbuh dia, bisa saja menjadi jauh lebih murah karena Kementerian Perhubungan menyatakan akan memberikan subsidi.

"Pemerintah bilang mau kasih PSO makanya pasti lebih murah dari itu sedangkan sepantasnya dengan biaya operasional usul kita ya segitu," ungkap Kuswardojo.

LRT Jabodebek juga sesuai rencana akan menggelar trial run atau uji coba kepada masyarakat pada Juni secara gratis.

Masyarakat bisa mengikuti uji coba dengan mekanisme pendaftaran

Namun, dia belum merinci seperti apa caranya, yang pasti LRT Jabodebek akan beroperasi secara penuh dan berbayar pada pada 12 Juli 2023.

"Masyarakat luas ada nanti akan kita buka kesempatan, tapi daftar dulu atau nanti mungkin undangan. Juni mungkin dibuka dan kalau Juli sudah berbayar," ujar Kuswardojo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas