Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Libur Panjang, Jasa Marga Prediksi Lebih dari 900 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Keempat Gerbang Tol yang dimaksud yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa)

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Libur Panjang, Jasa Marga Prediksi Lebih dari 900 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek
Tribunnews/Jeprima
Ilustrasi: Kendaraan melintas di sepanjang Tol MBZ, Bekasi, Jawa Barat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRUBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sebanyak 907.376 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi) selama periode libur panjang sejak 31 Mei hingga 5 Juni 2023.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengungkapkan, angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama.

Keempat Gerbang Tol yang dimaksud yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Baca juga: Libur Panjang Akhir Pekan, Polisi Terapkan Ganjil-Genap di Puncak Bogor Mulai Sore Ini

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 9,5 persen jika dibandingkan lalu lintas normal yang sebanyak 828.992 kendaraan.

"Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 410.337 kendaraan (45,2 persen) menuju arah Timur yakni Trans Jawa dan Bandung," ungkap Lisye dalam pernyataannya, Kamis (1/6/2023).

"Kemudian 277.113 kendaraan (30,5 persen) menuju arah Barat atau ke Merak, dan 219.926 kendaraan (24,2 persen) menuju arah Selatan atau ke Puncak," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Ia melanjutkan, proyeksi puncak lalu lintas tertinggi meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada Rabu (31/5/2023) sebesar 179.102 kendaraan atau naik 11,6 persen terhadap lalu lintas normal.

Melihat tingginya volume kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jabotabek, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol berjalan optimal.

Baca juga: Apakah Tanggal 2 Juni 2023 Karyawan Swasta Libur? Ini Daftar Tanggal Merah Bulan Juni 2023

Jasa Marga akan memastikan keberfungsian peralatan tol di gardu serta menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol utama.

"Terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk ke arah Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung,” pungkas Lisye.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas