Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jamin Ketersediaan Hewan Kurban, Kementerian Perhubungan Kirim 550 Ekor Sapi ke Jakarta 

Program Tol Laut Ternak yang menjadi salah satu program pemerintah kerjasama antara Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pertanian

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Jamin Ketersediaan Hewan Kurban, Kementerian Perhubungan Kirim 550 Ekor Sapi ke Jakarta 
HO
550 ekor sapi dikirim menggunakan kapal khusus ternak KM. Camara Nusantara 1 dengan tujuan pelabuhan bongkar Tanjung Priok, Jakarta, untuk pemenuhan permintaan hewan kurban. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengirim 550 ekor sapi menggunakan kapal khusus ternak KM. Camara Nusantara 1 dengan tujuan pelabuhan bongkar Tanjung Priok, Jakarta. 

Pengiriman sapi ini dalam rangka memenuhi kebutuhan ketersediaan sapi dan daging kurban menjelang Hari Raya idul Adha 1444 H khususnya di Daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Capt. Hasan Sadili mengatakan, hal itu juga merupakan Program Tol Laut Ternak yang menjadi salah satu program pemerintah kerjasama antara Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pertanian.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Terpenuhi untuk Idul Adha

"Pengoperasian kapal khusus ternak bertujuan untuk menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan jadwal tetap dan teratur," kata Capt Hasan dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Hasan menyampaikan, KM. Camara Nusantara 1 yang dioperasikan oleh PT. PELNI (Persero) merupakan Angkutan Khusus Ternak dengan Trayek RT-1 dengan rute pelayanan Kupang - Waingapu - Tanjung Priok/Patimban – Kupang. 

Menurutnya, Kapal Khusus Ternak dibangun dengan bentuk dan desain khusus dengan memperhatikan kaidah kesejahteraan hewan (animal welfare) dan dilengkapi dengan tenaga medis (dokter dan mantri hewan).

BERITA REKOMENDASI

"Sehingga kondisi kesehatan dan kesejahteraan ternak selama pelayaran dapat terjaga," jelasnya.

Sebagai informasi, Program Tol Laut Ternak telah dilaksanakan sejak tahun 2015 dimana pada tiap tahunnya terus mencatatkan peningkatan dari sisi jumlah trayek yang dilayani maupun jumlah muatan yang diangkut.

Pada tahun 2022 kemarin Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menyelenggarakan sebanyak 6 Trayek kapal khusus ternak dan total muatan yang diangkut sebanyak 42.398 ekor ternak. 

Adapun pada tahun 2023 ini, kapal khusus ternak melayani 9 pelabuhan muat dan 5 pelabuhan bongkar serta realisasi muatan yang telah diangkut Kapal khusus Ternak Minggu ke-2 Bulan Juni 2023 mencapai 15.955 ekor.

"Penambahan layanan kapal khusus ternak ini beriringan dengan meningkatnya pemintaan dari daerah agar kapal khusus ternak dapat menyinggahi daerahnya," ungkap Hasan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas