Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertamina Pastikan BBM Ramah Lingkungan RON 95 Bakal Dijual Dalam Waktu Dekat

PT Pertamina (Persero) memastikan produk baru miliknya yakni bahan bakar minyak campuran antara Pertamax dan bioetanol akan dijual pada bulan depan

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pertamina Pastikan BBM Ramah Lingkungan RON 95 Bakal Dijual Dalam Waktu Dekat
Tribunnews/Jeprima
Petugas melakukan pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina, Kuningan, Jakarta Selatan. PT Pertamina (Persero) memastikan produk baru miliknya yakni bahan bakar minyak campuran antara Pertamax dan bioetanol akan dijual pada bulan depan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan produk baru miliknya yakni bahan bakar minyak campuran antara Pertamax dan bioetanol akan dijual pada bulan depan, alias Juli 2023.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, produk yang memiliki kadar oktan atau RON senilai 95 ini, bakal diluncurkan perdana di Surabaya, Jawa Timur.

"Rencananya Juli, tahap awal di beberapa SPBU di Surabaya," ucap Fadjar kepada Tribunnews, Selasa (27/6/2023).

Baca juga: Pertamina Segera Jual BBM Campuran Bioetanol, Menteri ESDM Tegaskan Tak Beri Subsidi

Pertamina masih enggan membeberkan detail harga dari produk baru tersebut.

Yang jelas, BBM yang lebih ramah lingkungan ini dijual dengan harga yang kompetitif dibandingkan para kompetitor di kelasnya.

"Untuk detail harganya akan diumumkan saat launching nanti," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Produk Campuran Pertamax dan Bioethanol Tak Disubsidi

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, nantinya produk tersebut tidak akan disubsidi oleh pemerintah.

"Kalau bisa jangan sampai ini lah subsidi. Jadi harus ada uapaya matang, masa subsidi lagi," ucap Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Ia melanjutkan, hadirnya produk baru ini sejalan dengan komitmen Pemerintah dalam mengurangi penggunaan energi berbasis fosil.

Arifin dalam kesempatan tersebut juga belum dapat memberikan kejelasan secara gamblang terkait penerbitan izin komersialisasi dari produk yang dimaksud.

Yang jelas saat ini masih dalam tahap uji coba. "Kan baru uji coba. (Yang jelas) dicampur jadi oktannya bisa naik, kan jadi bagus untuk motor," pungkasnya.

Saat ini Pertamina diketahui memiliki tiga produk BBM jenis bensin (gasoline) yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax dengan RON 92, serta Pertamax Turbo dengan RON 98.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas