Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PLTU Ombilin Sumatera Barat Manfaatkan FABA Jadi Pupuk Silika

Pupuk silika untuk tanaman padi, jagung, bawang, dan cabai yang dimanfaatkan masyarakat sekitar pembangkit.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in PLTU Ombilin Sumatera Barat Manfaatkan FABA Jadi Pupuk Silika
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi Fly Ash dan Bottom Ash (FABA). FABA diubah menjadi pupuk silika untuk tanaman padi, jagung, bawang, dan cabai yang dimanfaatkan masyarakat sekitar pembangkit. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ombilin, Sawahlunto, Sumatera Barat, manfaatkan Fly Ash Bottom Ash (FABA) atau abu sisa pembakaran batu bara menjadi pupuk silika.

Pupuk silika tersebut untuk tanaman padi, jagung, bawang, dan cabai yang dimanfaatkan masyarakat sekitar pembangkit.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumatera Barat Chandra Indrawanto mengatakan, pupuk silika yang terbuat dari FABA ini sangat bermanfaat untuk petani terutama di sekitar pembangkit.

Baca juga: MPX Logistics Teken Kontrak Pengangkutan FABA PLTU Sebanyak 660.000 Ton

"Silika berbahan FABA bermanfaat bagi tanaman agar batangnya lebih tegak dan membantu proses fotosintesis," terang Chandra, Selasa (1/8/2023).

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, hal ini merupakan upaya PLN IP yang terus melakukan inovasi di semua lini, salah satunya pada sisi CSR atau Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan dengan menciptakan CSV bagi korporasi maupun masyarakat sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekonomi, sosial, Kesehatan dan lingkungan.

“Apa yang kami lakukan di Ombilin diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value (CSV), sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, seperti pupuk silika PLTU Ombilin yang dimanfaatkan masyarakat sekitar pembangkit yang berprofesi sebagai petani," ujarnya.

BERITA TERKAIT

"Ke depan akan terus kami tingkatkan, karena selain untuk kesejahteraan masyarakat hal ini merupakan wujud implementasi PLN terkait aspek Environmental, Social & Governance (ESG),” sambung Edwin.

Pupuk Silika produk PLTU Ombilin ini telah memenuhi standar mutu SiO2 minimal 6 persen berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian tentang Persyaratan Teknis Minimal Pupuk An-Organik.

Untuk Izin Edarnya sendiri juga telah didapatkan dengan merek Ombilin dari Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan nomor Pendaftaran 01.03.2023.1282 pada tanggal 8 Mei 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas