Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kejar Target Net Zero Emission pada 2060, Ini Langkah PLN Indonesia Power

PLN IP mengembangkan studi Nuclear Small Modular Reactor di Kabupaten Bengkayang, pada 2030, sebagai upaya mengakselerasi transisi energi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kejar Target Net Zero Emission pada 2060, Ini Langkah PLN Indonesia Power
dok. PLN
PLN IP bersinergi dengan Kemenko Perekonomian Republik Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), PT PLN (Persero), USTDA serta NuScale Power, dalam mengembangkan studi Nuclear Small Modular Reactor di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PLN Indonesia Power (PLN IP) mengembangkan studi Nuclear Small Modular Reactor di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat pada 2030, sebagai upaya mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

Dalam hal ini, PLN IP bersinergi dengan Kemenko Perekonomian Republik Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), PT PLN (Persero), USTDA serta NuScale Power.

Nuclear Small Modular Reactor menawarkan operasi pembangkit sebagai pemikul beban dasar, dan sekaligus memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk bersinergi dengan penetrasi pembangkit intermittensi solar PV yang di rencanakan semakin massif di masa akan datang.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Niaga PLN Indonesia Power, Bernadus Sudarmanta mengatakan untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 dibutuhkan persiapan yang matang serta kerjasama dengan berbagai pihak agar transisi energi berjalan dengan baik.

“PLN IP telah memiliki roadmap transisi energi hingga 2060 untuk NZE dengan mengembangkan energi hijau untuk bumi yang lebih baik, kita hadir di sini untuk mempersiapkan secara matang dan aman sehingga sesuai dengan peraturan dan perizinannya, tantangan tidak mudah sehingga dibutuhkan kerjasama berbagai pihak agar transisi ini berjalan baik serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujar Bernadus, Selasa (15/8/2023).

Baca juga: Pendapatan PLN Indonesia Power Tembus Rp6,6 Triliun di 2022, Ini Penyebabnya

Menurutnya, bersinergi dengan mitra strategis untuk membantu mencapai tujuan menciptakan energi masa depan yang berkelanjutan menjadi pilihan yang ditempuh korporasi.

Baca juga: 10 MW Energi Hijau dari PLN Indonesia Power Pasok Kebutuhan Listrik di KTT ASEAN 2023

BERITA TERKAIT

Diketahui saat ini PLN IP tengah gencar dalam melakukan upaya untuk mengakselerasi transisi energi, dimana proyek-proyek diluncurkan dengan mengajak mitra strategis yang mempunyai visi yang sama serta berkomitmen pada keunggulan dan tujuan utama yaitu terwujudnya transisi energi di Tanah Air.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas