Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ini Cara Kemenaker Kembangkan Talenta Muda Indonesia

Talent Class merupakan program pelatihan peningkatan skill untuk memfasilitasi para talenta muda di Indonesia memiliki keterampilan.

Penulis: Sanusi
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Ini Cara Kemenaker Kembangkan Talenta Muda Indonesia
HO
4 Program Talenthub berhasil mengantar Kemnaker raih penghargaan tersebut masuk dalam kategori Program Inovatif Kemandirian Ekonomi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menerima penghargaan dari Merdeka Awards 2023 atas berbagai terobosan dalam program Inovatif untuk Negeri di Jakarta, beberapa waktu lalu.

4 Program Talenthub berhasil mengantar Kemnaker raih penghargaan tersebut masuk dalam kategori Program Inovatif Kemandirian Ekonomi. 4 programnya adalah Talent Class, Talent Fest, Talent Scouting, dan Talent Corner masuk dalam kategori.

Menanggapi hal itu, Ahmad Luthfi selaku Managing Director of Talenthub berterima kasih kepada pihak penyelenggara Merdeka Awards 2023 atas apresiasi untuk keempat program di Talenthub.

Baca juga: Bidang Studi Vokasi pada PPG Prajabatan 2023 Gelombang 2

Ia juga menjelaskan program-program tersebut tercanangkan ketika Covid-19. Talenthub meluncurkan program tersebut dengan #talenthubbantukerja pada tahun 2021 lalu. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim Talenthub dan seluruh mitra Talenthub yang telah membantu pelaksanaan program tersebut.

Selain itu, Ia juga menjelaskan detail keempat program tersebut. Menurutnya, keempat program itu merupakan program unggulan di Talenthub dan banyak diminati oleh para talenta muda di seluruh Indonesia.

Talent Class merupakan program pelatihan peningkatan skill untuk memfasilitasi para talenta muda di Indonesia memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan Industri. Talent Class memiliki dua level pelatihan yaitu level basic dan intermediate.

Program ini dilaksanakan secara virtual dengan 8 kali pertemuan dan dimentori oleh mentor-mentor profesional. Sejak tahun 2021, Talent Class sudah dilaksanakan sebanyak 9 batch, dan masih ada 3 batch lagi yang akan dilaksanakan di September-November 2023.

BERITA REKOMENDASI

Selain program pelatihan, Ahamd Luthfi juga menjelaskan Talenthub memiliki program untuk mempertemukan para talenta muda dengan industri. Program itu bernama Talent Souting. Talent Scouting sudah dilakukan di sembilan Kota, yaitu Jakarta, Bali, Samarinda, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Malang, Bandung, dan Manado. Dan tiga kota berikutnya di tahun ini ada Serang, Semarang, dan Padang.

Tak hanya itu, Talenthub juga menginisiasi pembentukan Talent Corner di 21 daerah yang menempel di UPTP Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) dan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP). Talent Corner ini merupakan wadah untuk para talenta muda untuk mengembakan keterampilan dan juga berinovasi mengembakan potensi wilayah setempat.

Sedangkan, untuk memfasilitasi masyarakat umum mengenal Talenthub dan juga seluruh talenta muda yang sudah dilatih, Talenthub menciptakan program bernama Talent Fest. Program tersebut memiliki beberapa rangkaian acara, seperti Movie Competition, Talent X, Pitchbattle, dan Talent Summit.

Ahmad Luthfi juga menyampaikan bahwa Ia beserta tim membuka pintu bagi siapapun yang ingin berkolaborasi meningkatkan program-program yang ada di Talenthub.

“Talenthub sebagai wadah untuk memfasilitasi talenta muda dalam berinovasi membuka seluas luasanya kepada berbagai pihak yang ingin bersama sama meningkatkan program-program yang ada di Talenthub,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas