Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Presiden WEF: Indonesia Mainkan Perang Penting Topang Pertumbuhan Ekonomi Global

WEF memuji kontribusi Indonesia yang memiliki peranan yang penting dalam roda perekonomian global.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Presiden WEF: Indonesia Mainkan Perang Penting Topang Pertumbuhan Ekonomi Global
YouTube EU Debates
Presiden World Economic Forum Klaus Martin Schwab. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) Klaus Martin Schwab menyebutkan bahwa Indonesia memiliki peranan yang penting dalam roda perekonomian global.

Martin Schwab menyampaikan hal tersebut selama pertemuannya dengan Presiden Jokowi beserta mantan Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan, menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta, mulai 5 sampai 7 September 2023.




Kendati Indeks Harga Konsumen (IHK) di Indonesia pada Agustus 2023 turun atau mengalami deflasi sebesar 0,02 persen, selama kuartal kedua tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Indonesia terus mencatatkan kenaikan hingga menyentuh ke level 5,17 persen secara tahunan (yoy).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalahkan ekonomi Singapura yang hanya tumbuh 0,7 persen, sementara ekonomi Filipina berada dikisaran 4,3 persen, Malaysia melesat tipis sebesar 5,6 persen dan Vietnam 4,14 persen.

"Dibanding negara lain, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat kuat, dengan inflasi terkendali. Pertumbuhan kita hanya di bawah China 6,3 persen ataupun Uzbekistan 5,6 persen," sebut kantot Mnko Perekonomian dalam konferensi pers resminya.

Tingkat inflasi Indonesia juga terus menunjukan pemulihan hingga berada di bawah 4 persen. Pencapaian ini lantas membuat Schwab optimis bahwasanya Indonesia dapat menyumbang peranan penting bagi kemajuan ekonomi global.

BERITA TERKAIT

Komentar serupa juga dilontarkan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva, di sela pertemuannya dengan Presiden Jokowi saat delegasi di Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (04/09/2023).

Baca juga: KTT ASEAN Ke-43 Resmi Dibuka Hari Ini di JCC Senayan

Direktur Pelaksana IMF menyampaikan apresiasi atas prestasi ekonomi Indonesia yang sukses membukukan kenaikan di tengah kondisi perekonomian dunia yang terus tertekan akibat deflasi.

“Managing Director IMF bahkan mengatakan bahwa ASEAN is a bright spot di tengah situasi dunia yang sulit dan Indonesia dikatakan sebagai source of joy, source of hope,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Baca juga: Hadir di WEF, Eks Menteri Keuangan Chatib Basri Soroti Dampak Ekonomi Global Terhadap Indonesia

“Ini juga memberikan pelajaran juga bagi negara-negara berkembang, kalau Indonesia bisa maka negara berkembang lain juga harus bisa,” imbuh Marsudi dikutip dari website Setkab RI.

Presiden WEF dan IMF berharap agar pemulihan ekonomi Indonesia bisa menguat dalam jangka waktu yang lama sehingga Asia Tenggara bisa berevolusi menjadi mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas