Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

UMKM Sudah Bangkit, Kriyanusa 2023 Cetak Transaksi Rp 20 Miliar

Berbagai produk kriya unggulan dihadirkan pada pameran ini seperti wastra, anyaman, gerabah, ukiran dan berbagai produk kreatif lainnya.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in UMKM Sudah Bangkit, Kriyanusa 2023 Cetak Transaksi Rp 20 Miliar
HO
Kriyanusa 2023 hadir sebagai salah satu wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya yang bertujuan untuk mendorong penciptaan dan pengembangan produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM -- Kriyanusa 2023 resmi ditutup setelah digelar selama lima hari. Pagelaran ini diklaim menjadi bukti kebangkitan UMKM setelah pandemi Covid-19.

Acara tersebut diperkirakan menembus dana transaksi hingga Rp 20 miliar, hingga penutupannya, Minggu (17/9/2023).

“Kami sangat gembira dengan hasil pameran selama 5 (lima) hari ini, bahwa berdasarkan data hingga siang hari ini pukul 14.00 WIB, didapat informasi jumlah pengunjung adalah sebanyak 46.795 orang dengan nilai transaksi yang mencapai Rp 19,63 miliar dan harapannya sampai malam nanti dapat tercapai lebih dari 20 miliar rupiah,” Ketua Panitia Pameran Kriyanusa 2023, Sri Suparni Bahlil.

Baca juga: UMKM Pertamina Siap Masuk Pasar Global Lewat Pameran Kriyanusa 2023

Istri dari Kepala BKPM/Menteri Investasi Bahlil Lahadalia ini menyebutkan, Pameran Kriyanusa tahun ini sudah semakin memperlihatkan kebangkitan perajin dan UMKM setelah pandemi Covid-19.

Terhitung ada sekitar 307 booth peserta yang mengisi pameran ini, terdiri dari perajin binaan Dekranas/Dekranasda dari seluruh Indonesia dan juga perajin binaan Kementerian/Lembaga/BUMN serta stan kuliner khas berbagai daerah.

Berbagai produk kriya unggulan dihadirkan pada pameran ini seperti wastra, anyaman, gerabah, ukiran dan berbagai produk kreatif lainnya sebagai langkah dalam menjaga keberlangsungan warisan budaya Indonesia.

Sebuah upaya untuk mempromosikan warisan budaya dan mendorong inovasi ekonomi, Dekranas mengangkat kriya unggul sebagai salah satu pilar utama dalam perjalanan menuju kemajuan bangsa Indonesia.

BERITA TERKAIT

Kriya unggul merupakan kerajinan tangan dan seni tradisional Indonesia, menjadi semakin penting dalam mengembangkan identitas nasional dan berperan besar dalam mendukung ekonomi kreatif di negara ini.

Ratusan booth tersebut hadir di Hall A, Jakarta Convention Center, yang tidak hanya menampilkan kerajinan tangan yang unik, tetapi juga memperlihatkan semangat inovasi dan kreativitas yang tak terbatas dalam menghasilkan produk-produk kriya unggul.

“Pameran ini salah satu sarana untuk membantu pemasaran produk-produk binaan Dekranasda dan memberikan ruang bagi industri kerajinan Nusantara untuk terus berupaya memunculkan kreativitas dan inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja usahanya serta menampilkan produk unggulannya,” jelas Sri Bahlil pada hari pembukaan.

Kriya unggul, merupakan salah satu aset paling berharga Indonesia dalam menghadapi tantangan pasar global.

Oleh karena itu, Kriyanusa 2023 hadir sebagai salah satu wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya yang bertujuan untuk mendorong penciptaan dan pengembangan produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas