Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ogah Didepak Eropa, Apple Rilis Software Untuk Atasi Masalah Radiasi iPhone 12

Apple Inc mengumumkan rencana perilisan software atau perangkat lunak baru untuk mengatasi dugaan terkait adanya masalah radiasi pada ponsel iPhone 12

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ogah Didepak Eropa, Apple Rilis Software Untuk Atasi Masalah Radiasi iPhone 12
Apple.com
Apple Inc mengumumkan rencana perilisan software atau perangkat lunak baru untuk mengatasi dugaan terkait adanya masalah radiasi pada ponsel iPhone 12. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Apple Inc mengumumkan rencana perilisan software atau perangkat lunak baru untuk mengatasi dugaan terkait adanya masalah radiasi pada ponsel iPhone 12.

"Kami akan merilis update bagi pengguna di Prancis untuk mengakomodasi protokol yang digunakan oleh regulator Prancis. Kami berharap iPhone 12 akan terus tersedia di Prancis," kata Apple dikutip dari Techcrunch.




Perilisan ini dilakukan Apple usai regulator Prancis menyebut iPhone 12 sebagai smartphone berbahaya lantaran memiliki tingkat radiasi 5,74 watt per kilogram. Melampaui batas Specific Absorption Rate (SAR) atau indikator pengukuran daya frekuensi radio yang diserap tubuh manusia lewat penggunaan HP.

Baca juga: Estimasi Biaya Pajak IMEI iPhone 15 di Bea Cukai, Lengkap Dengan Syarat dan Cara Daftarnya

“Saat diuji HP tersebut memancarkan radiasi 5,74 watt per kilogram, melampaui batas SAR sebanyak 4,0 watt per kilogram,” jelas ANFR, Badan Pengatur Frekuensi Radio di Prancis.

Meski Apple telah menyerahkan hasil laboratorium pengujian radiasi yang dilakukan perusahaan pihak ketiga sebagai bukti bahwa ponsel itu telah patuh pada regulasi setempat. Namun hal tersebut tak lantas meredakan kekhawatiran pemerintah Prancis.

Atas masalah ini, pemerintah Prancis dengan tegas menarik peredaran iPhone 12 dari pasar mulai 12 September. Sementara untuk iPhone 12 yang sudah terlanjur dijual, ANFR juga meminta Apple segera bertindak agar tidak menimbulkan dampak lebih lanjut.

BERITA TERKAIT

Pasca isu ini mencuat, sejumlah negara di Eropa juga ikut ambil sikap seperti Belgia, Jerman dan Belanda yang mulai melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menganalisis potensi risiko kesehatan terkait iPhone 12.

Kendati pakar industri menyatakan bahwa radiasi yang ditimbulkan iPhone 12 tidak berisiko menimbulkan luka bakar atau sengatan panas. Namun demi mencegah redupnya popularitas iPhone di Eropa, Apple kemudian menggulirkan pembaruan software untuk iPhone 12.

Nantinya pembaruan ini tidak akan dibuat untuk menyesuaikan tingkat radiasi karena hal itu akan menjadi masalah untuk perangkat keras iPhone 12. Akan tetapi, pembaruan itu akan mengakomodasi protokol yang digunakan oleh regulator Perancis. Dengan begitu memungkinkan iPhone 12 untuk melewati uji radiasi di masa depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas