Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hadapi Tantangan Bisnis Global, CKB Logistics Terus Lakukan Transformasi Digital

CKB Logistics terus melakukan transformasi digital untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
zoom-in Hadapi Tantangan Bisnis Global, CKB Logistics Terus Lakukan Transformasi Digital
HO
PT Cipta Krida Bahari atau CKB Logistics terus melakukan transformasi digital yakni mengikuti perkembangan teknologi terkini yang bertujuan memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen, efisiensi biaya hingga menghadapi persaingan sektor logistik yang kian kompetitif 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Cipta Krida Bahari atau CKB Logistics terus melakukan transformasi digital untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen, efisiensi biaya hingga menghadapi persaingan sektor logistik yang kian kompetitif.

Direktur Utama CKB Logistics Iman Sjafei mengatakan, digitalisasi jadi wujud perusahaan meningkatkan layanannya kepada konsumen, operasional dalam rantai pasok dan menjadi perusahaan yang lincah dan mampu beradaptasi di segala kondisi.

Baca juga: CKB Logistics Rambah Industri Nikel untuk Maksimalkan Potensi Pasar




Transformasi digital memungkinkan anak usaha PT ABM Investama Tbk atau ABMM lebih siap menghadapi perubahan dan tantangan bisnis global sehingga perusahaan dapat terus berinovasi dalam persaingan bisnis yang terus berkembang.

"Ini sesuai dengan upaya mengoptimalkan bisnis kami dengan semangat Connecting the Nation dan merupakan langkah ini menjadi kesungguhan perusahaan dalam meningkatkan penyebaran logistik Indonesia hingga ke pelosok daerah," kataIman kepada wartawan belum lama ini.

CKB Logistics, kata dia juga mengembangkan solusi end to end yang mengacu pada kebutuhan pelanggan dengan memperluas pengiriman dan tetap memprioritaskan standar keselamatan," katanya.

“Ini menjadi nilai tambah sekaligus pembeda bagi bisnis CKB Logistics yang menyediakan layanan logistik terintegrasi seperti project logistics, site management services, warehouse management, layanan kargo darat, laut dan udara, manajemen kepelabuhan hingga pusat logistik berikat atau PLB,” ungkap Iman.

Baca juga: CKB Group Operasikan Fasilitas Logistik Baru di Benete NTB

BERITA TERKAIT

Di bagian lain, Iman mengatakan, bisnis CKB Logistics tak hanya fokus pada keuntungan semata namun juga mendukung pemerintah dalam menuju Net Zero Emission (NZE), perusahaan turut aktif mengembangkan program Environmental, Social, and Governance (ESG).

"Di lingkup perusahaan, CKB Logistics telah mengimplementasikan atap skylight di area gudang, electric forklift, peremajaan armada dengan standar Euro 4, penggunaan biodiesel, instalasi penampungan air hujan untuk penggunaan operasional warehouse serta pemisahaan sampah B3 dan non B3 yang bekerja sama dengan pengangkut limbah B3 dan DLH," katanya.

Baca juga: Kebutuhan Logistik Naik Menjelang Lebaran, CKB Group Tambah Frekuensi Penerbangan Kargo

Untuk menjaga kelestarian lingkungan, CKB Logistics aktif mengurangi emisi dengan target dua persen di setiap tahunnya. Perusahaan juga mengadakan program penanaman mangrove berkelanjutan di Surabaya, Jawa Timur untuk mewujudkan Indonesia menuju nol emisi karbon atau NZE.

“Berkat program tersebut, sampai saat ini CKB Logistics telah berhasil menanam 6.000 bibit mangrove yang sudah kita mulai sejak 2022. Pada dasarnya, kami percaya ESG menjadi hal mulia untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan keberlanjutan lingkungan,” tambah Iman.

Sampai dengan pertengahan 2023, CKB Logistics sudah membuka gudang baru di enam kota, yakni Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Sangatta (Kalimantan Timur), Muara Enim (Sumatera Selatan), Palembang (Sumatera Selatan), Meulaboh (Aceh), serta Benete (Nusa Tenggara Barat). menerapkan ESG, perusahaan aktif melakukan beberapa kegiatan seperti komitmen dari Top Management & ABM Group, Keterlibatan stakeholders, melakukan sosialisasi ESG, investasi dalam kegiatan yang mendukung ESG dan SDGs, hingga kolaborasi dengan mitra dan instansi pemerintah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas