Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Software Permodelan 3D Ini Tantang Anak Muda Bikin Desain Interior untuk Industri Clothing

SketchUp, salah satu software pemodelan 3D, menantang desainer Indonesia untuk merancang konsep baru toko offline

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Software Permodelan 3D Ini Tantang Anak Muda Bikin Desain Interior untuk Industri Clothing
HO
SketchUp Annual Design Competition 2023 mengkompetisikan desain 3D toko ritel Hush Puppies 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - SketchUp, salah satu software pemodelan 3D untuk para profesional khususnya di bidang arsitektur, sipil, pembuatan game, film dan animasi, menantang desainer Indonesia untuk merancang konsep baru toko offline lewat kompetisi bertajuk Annual Design Competition 2023.

Kompetisi yang diselenggarakan SketchUp bersama Hush Puppies Indonesia ini mengkompetisikan pembuatan desain 3D toko Hush Puppies.




Tema yang diangkat adalah Better Brighter dan peserta harus menggunakan software SketchUp untuk mendesain konsep baru offline store Hush Puppies.

Baca juga: Aplikasi Software Epson Kian Inovatif dan Fungsional, Ini Dia Fitur-fiturnya

Direktur Utama PT Vexa Dinamika Teknologi (SketchUp Indonesia), Sarah Aisyah Kahar mengatakan, registrasi peserta berlangsung hingga 13 Oktober 2023 dilanjutkan dengan training pembekalan peserta SketchUp Day 2023 pada 14 Oktober 2023 yang akan mengajari peserta agar dapat menghasilkan karya berkualitas. Kompetisi dilanjutkan dengan technical meeting pada 16 Oktober 2023.

Proses pengerjaan dan pengumpulan karya berlangsung mulai dari 17 Oktober hingga 27 November 2023 dilanjutkan penilaian oleh juri pada 28 November hingga 1 Desember 2023 serta pengumumkan finalis pada 5 Desember 2023.

Pada 9 Desember 2023, seluruh finalis terpilih diminta mempresentasikan karyanya dan 13 Desember 2023 diumumkan seluruh pemenang. Semua rangkaian kegiatan ini diselenggarakan secara daring.

BERITA TERKAIT

Ada enam pemenang dan satu juara favorit pada kompetisi ini dengan total hadiah belasan juta rupiah. Peserta mendapat pelatihan secara , sertifikat, dan modul pembelajaran SketchUp, Vray, dan LayOut.

Mereka juga akan mendapatkan pengakuan dan exposure karena karya yang diciptakan oleh peserta akan diunggah pada Instagram @sketchup.indonesia dan diabadikan pada kumpulan karya tahunan SketchUp Indonesia.

Konsep desain dari pemenang akan menjadi konsep baru offline store Hush Puppies Indonesia. Keikutsertaan pada kompetisi ini dapat menjadi loncatan yang cukup signifikan bagi desainer muda.

“Kami ingin mendukung desainer interior lokal untuk terus mengembangkan dan menyalurkan potensi mereka. Kolaborasi ini diadakan bersama dengan Hush Puppies untuk mengapresiasi potensi tersebut,” ujar Sarah, Rabu 4 Oktober 2023.

Baca juga: DJKA Lakukan Penyempurnaan Sistem Software LRT Jabodebek Usai Uji Coba Terbatas

Sarah menjelaskan, kompetisi ini akan diselenggarakan sebagai kegiatan tahunan. “Antusiasme dari peserta selalu ada. Kolaborasi seperti ini juga kami harapkan akan lebih banyak lagi sehingga desainer lokal memiliki wadah untuk menciptakan dan memamerkan karyanya,” ujarnya.

Raisa Akwila, Direktur PT Transmarco (Hush Puppies Indonesia) mengatakan, Hush Puppies Indonesia mendapat kewenangan dari Hush Puppies AS untuk memberikan konsep-konsep baru. Karena itu, konsep karya peserta akan dilihat oleh Hush Puppies lainnya di seluruh dunia.

Sarah menambahkan, sampai saat ini SketchUp masih mendominasi penggunaan software permodelan 3D di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, SketchUp masih menjadi software nomor satu untuk pembuatan desain arsitektur dan bidang sipil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas