Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenkeu dan ICAEW Dorong Percepatan Transisi Keuangan

ICAEW mendukung Indonesia Indonesia dalam merevolusi keuangan transisi demi mewujudkan perkembangan ekonomi hijau yang lebih baik lagi.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kemenkeu dan ICAEW Dorong Percepatan Transisi Keuangan
HO
Kementerian Keuangan bersama The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) menggelar Indonesia International Conference for Sustainable Finance and Economy 2023 (IICSFE 2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, - Kementerian Keuangan bersama The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) menggelar Indonesia International Conference for Sustainable Finance and Economy 2023 (IICSFE 2023) sebagai wadah diskusi untuk mengembangkan keuangan berkelanjutan dan transisi di Indonesia.

Keuangan berkelanjutan merupakan salah satu agenda yang diprioritaskan dalam Paris Agreement yang juga turut membahas isu akan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.




Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, terdapat potensi pendanaan yang sangat besar di tingkat global dan penting bagi Indonesia untuk dapat menyelaraskan supply tersebut dengan inisiatif proyek berkelanjutan yang ada.

Baca juga: Pengamat Ekonomi Dorong Upaya PLN Pimpin Transisi Energi Menuju Nol Emisi Karbon di 2060

Di samping itu, Menkeu juga mengingatkan urgensi penyelesaian isu transisi energi di Indonesia.

"Dalam banyak kesempatan, kami selalu membahas dan memaparkan kasus nyata dan saya dalam banyak acara juga mengatakan bahwa jika kita bisa menyelesaikan masalah Indonesia khususnya dalam transisi energi, saya sangat optimis bahwa kita dapat menyelesaikan permasalahan dunia dalam transisi energi," kata Sri Mulyani dikutip Minggu (12/11/2023).

"Ini bukan hanya sekedar jargon, yang terkesan patriotik, tapi ini adalah ajang ujian yang nyata bagi banyak diskusi, komitmen, atau bahkan pada tingkat teknis tentang bagaimana kita akan menyelesaikan isu transisi ini khususnya di sektor energi," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Managing Director International ICAEW, Mark Billington BFP FCA menyampaikan, ICAEW mendukung Indonesia Indonesia dalam merevolusi keuangan transisi demi mewujudkan perkembangan ekonomi hijau yang lebih baik lagi.

“Kami di ICAEW mendukung setiap anggota dan perusahaan anggota kami dalam mengelola keberlanjutan bisnis mereka, serta berbagi pengetahuan kami secara luas untuk mendorong gagasan dan inovasi untuk mewujudkan keuangan berkelanjutan," paparnya.

Tahun lalu, kata Mark, ICAEW memperkenalkan ICAEW Sustainability Certificate yang mengajarkan ICAEW Chartered Accountants cara menerapkan keterampilan mereka dalam bidang ini.

"Pada awal tahun 2023, kami juga memperkenalkan program baru untuk mengajarkan dasar-dasar keuangan keberlanjutan kepada siswa di seluruh dunia guna memperkaya pengetahuan mereka," ujarnya.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar mengatakan, Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk menerapkan keuangan berkelanjutan dalam rangka memfasilitasi laju ekonomi yang rendah karbon.

"Saya percaya bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan transisi secara bertahap, sekaligus beriringan untuk mempertahankan pertumbuhan dan ketahanan ekonomi yang berkelanjutan," papar Mahendra.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas