Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PIS Tingkatkan Kompetensi Pelaut Lewat Senior Officer Seminar

Pertumbuhan bisnis pelayaran tidak hanya bisa diukur dari berapa banyak customer wilayah dan armada yang dimiliki perusahaan.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in PIS Tingkatkan Kompetensi Pelaut Lewat Senior Officer Seminar
HO
Senior Officer Seminar bertajuk "Mengusung tema “Moving Forward to be Global Leader.” 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 100 pelaut yang bekerja di berbagai kapal yang melayani jalur pelayaran lokal dan internasional dioperasikan PT Pertamina International Shipping (PIS) mengikuti program Senior Officer Seminar untuk meningkatkan daya saing dan kompetensi yang dibutuhkan sesuai standar organisasi kepelautan dan kebutuhan bisnis perusahaan, Selasa, 14 November 2023.

CEO PIS Yoki Firnandi mengatakan, Senior Officer Seminar ini merupakan bentuk pemenuhan Tanker Management Self-Assessment (TMSA), sekaligus menekankan pentingnya Safety Management System (SMS) agar aktivitas bisnis dapat berjalan sesuai dengan aspek tata kelola perusahaan yang baik.




Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kementerian Perhubungan RI Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Dr. Hartanto, M.H., M.Mar., memaparkan pentingnya mengedepankan profesionalisme dan efisiensi di perilaku bisnis pada setiap individu pekerja agar aktivitas bisnis berjalan lancar dan mencapai target.

Baca juga: INSA Dorong Alternatif Pendanaan Pelayaran Lewat Pasar Modal

Yoki Firnandi menegaskan, pelaut adalah garda depan dari aktivitas bisnis perusahaan. "Karena itu, program Senior Officer Seminar ini merupakan momentum yang baik untuk pelaut PIS sebagai sarana bertukar-pikiran dalam mewujudkan cita-cita perusahaan," ungkapnya.

Dia mengatakan, pertumbuhan bisnis pelayaran tidak hanya bisa diukur dari berapa banyak customer wilayah dan armada milik. Harus terjadi perubahan mental bagaimana cara kita mengelola dan memelihara bisnis termasuk kapal. Dengan perubahan mentalitas dan kapabilitas dapat memberikan yang terbaik untuk pengguna jasa baik dalam dan luar negeri, internal dan eksternal Pertamina. "Maka bagi PIS Senior Officer Seminar ini merupakan langkah baik untuk menuangkan aspirasi dan menjadi keterbukaan terhadap transformasi dan tantangan yang akan di hadapi bersama untuk perusahaan,” kata Yoki. Seminar ini mengangkat tema "Mengusung tema “Moving Forward to be Global Leader.”

Direktur Armada PIS M. Irfan Zainul Fikri menyampaikan tentang kondisi dan rencana perusahaan kedepan untuk menggandeng Senior Officer PIS agar menjalankan peran yang lebih strategis dalam mendorong perusahaan lebih agresif lagi berkembang.

BERITA TERKAIT

Di seminar ini juga dibahas berbagai materi terkait wawasan tantangan dan regulasi internasional di dunia Perkapalan serta organisasi kemaritiman yang disampaikan oleh Regional Marine Director Matthews Daniel - Capt. Mohd. Ikbal Arshad, perwakilan Kesatuan Pelaut Indonesia, DNV Class, International Transport Workers’ Federation, dan Motivator Merry Riana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas