Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

5 Jurusan Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Luar Negeri

Pinjaman bunga rendah untuk membiayai kuliah di jurusan-jurusan unik luar negeri. Cari tahu di sini!

Penulis: Content Writer
zoom-in 5 Jurusan Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Luar Negeri
Pexels.com
5 Jurusan Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Luar Negeri 

TRIBUNNEWS.COM - Tidak ada salahnya mendapatkan pinjaman bunga rendah dari bank untuk berkuliah di luar negeri. Apalagi di zaman sekarang ini biaya kuliah semakin mahal dan memang harus diperjuangkan.

Jika kamu berencana kuliah di luar negeri, maka jangan kaget jika ada banyak pilihan jurusan unik yang bisa kamu jumpai. Meskipun unik namun jurusan-jurusan tersebut bisa membuka peluang besar bagimu di masa depan nanti.

Jurusan Unik yang Hanya Ada di Luar Negeri

Berkuliah di luar negeri memang bisa jadi sebuah pilihan yang tepat. Dikutip dari Katadata Media Network, UNESCO mencatat adanya 55.961 pelajar asal Indonesia yang memilih belajar di luar negeri pada tahun 2020 lalu.

Menariknya lagi, angka tersebut ternyata menunjukkan adanya peningkatan sebesar 3,83 persen dari tahun 2019. Kamu pun bisa menjadi salah satu dari para pelajar tersebut yang memilih untuk berkuliah di negara asing.

Menariknya lagi, di luar negeri ada banyak jenis jurusan yang terdengar unik dan mungkin susah kamu temukan di Indonesia. Berikut ini beberapa jenis jurusan yang hanya bisa kamu temukan di luar negeri:

●       Manga - Universitas Seika Kyoto

BERITA TERKAIT

Bagi kamu pencinta Manga dan punya bakat khusus dalam menggambar Manga maupun mengarang cerita, jurusan ini jadi pilihan tepat. Jurusan Manga ini sangat menarik karena belum tentu ada di berbagai kampus.

Kamu bisa menemukan jurusan ilmu yang unik ini di Universitas Seika Kyoto, Jepang. Jepang memang negara yang sangat populer dengan karya-karya manga fantastis dari berbagai nama kreator.

Universitas Seika Kyoto ini pertama kali membuka program pendidikan dan penelitian manga pada tahun 2006 lalu. Kemudian di tahun 2010 mereka sudah membuka program pascasarjana untuk jurusan unik tersebut.

●       Penulisan dan Pertunjukan Komedi - Universitas Salford

Berikutnya ada Jurusan Penulisan dan Pertunjukan Komedi yang juga terdengar unik. Jurusan ini sangat langka, bahkan mungkin tidak bisa kamu jumpai di banyak kampus dan tidak dikenal oleh banyak orang.

Jika kamu tertarik belajar di jurusan ini maka kamu bisa mendaftar di Universitas Salford yang berlokasi di Inggris. Sesuai namanya, jurusan ini akan memberi bekal ilmu yang memadai mengenai dunia komedi.

Jurusan ini menjadi pilihan yang sangat tepat bagi kamu yang memiliki bakat di bidang komedi atau hiburan. Tidak hanya sekadar belajar komedi, di sini kamu juga akan belajar untuk mengembangkan bakat tersebut di dunia profesional.

Baca juga: digibank by DBS dan Lakuemas Memperkuat Kerjasama Ekosistem Melalui Fitur Bayar Ringkas

●       Seni Sirkus - Universitas Teknologi Swinburne

Ada juga Jurusan Seni Sirkus yang cukup menyita perhatian karena jarang sekali dijumpai di universitas-universitas. Jurusan ini bisa kamu jumpai di Universitas Teknologi Swinburne yang berlokasi di Australia.

Di sini kamu akan belajar banyak mengenai pengetahuan sekaligus keterampilan di dunia seni sirkus. Tentunya ilmu ini sangat menarik dan bisa jadi salah satu pilihan jurusan yang tepat untukmu.

●       Selancar - University of California

Pencinta olahraga selancar kini juga bisa mengembangkan ilmunya dengan belajar di Jurusan Selancar. University of California ternyata membuka jurusan unik ini dan mendukung para siswa yang memiliki hobi di bidang tersebut.

Jika kamu masuk ke jurusan ini maka kamu akan belajar banyak mengenai industri selancar yang ada di seluruh dunia. Kamu juga bisa mendapat bekal yang memadai agar bisa menyelami bidang ini secara profesional.

●       The Beatles: Industri Musik dan Warisan - Universitas Liverpool

Inggris menjadi negara yang sangat identik dengan grup The Beatles. Bahkan ada universitas di Inggris yang menghadirkan jurusan The Beatles: Industri Musik dan Warisan yaitu Universitas Liverpool.

Di sini kamu akan belajar banyak mengenai aliran musik yang digeluti oleh The Beatles. Selain itu kamu juga akan menyelami seperti apa kisah mereka dan mempelajari industri kreatif di dunia musik tersebut.

Tips Kuliah di Luar Negeri

Apakah kamu tertarik untuk belajar di salah satu jurusan tadi? Jika iya, maka kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu lakukan jika ingin berkuliah di luar negeri:

●       Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu

Hal yang sangat penting untuk kamu lakukan jika ingin berkuliah di luar negeri adalah tingkatkan kemampuan bahasa Inggris. Tentunya ini menjadi hal yang tidak bisa kamu hindari jika ingin berkuliah di negara asing.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dikuasai oleh mahasiswa asing. Biasanya kemampuan bahasa ini juga sangat dibutuhkan saat pendaftaran dan perlu dibuktikan dengan adanya hasil tes khusus.

●       Pelajari Bahasa Lokal di Negara Tujuan

Tips berikutnya yang perlu dilakukan adalah pelajari bahasa lokal di negara tujuan tempat kamu ingin berkuliah. Selain bahasa Inggris, kamu juga perlu mempelajari bahasa lokal di negara tersebut.

Mengapa perlu belajar bahasa lokal? Di negara tersebut kamu tidak hanya berkuliah namun juga akan hidup bermasyarakat. Tentu akan jauh lebih mudah untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar jika kamu paham bahasanya.

Kemampuan bahasa lokal ini juga biasanya menjadi syarat bagi beberapa universitas. Jadi pastikan kamu benar-benar mempersiapkan diri dengan baik. Jika perlu kamu bisa mengikuti kelas khusus untuk menguasai bahasa mereka.

●       Mulailah Bergabung dengan Komunitas

Selanjutnya mulailah bergabung dengan komunitas pelajar Indonesia yang berkuliah di negara tersebut. Ini juga tidak kalah penting karena kamu bisa dapat banyak informasi mengenai dunia kuliah di sana.

Selain itu bergabung dengan komunitas juga akan membuat kamu punya lebih banyak teman. Kamu juga bisa lebih mudah mendapat akomodasi selama berkuliah karena ada teman-teman komunitas yang akan membantu.

●       Persiapkan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup

Jangan lupa persiapkan dan perhitungkan baik-baik biaya kuliah serta biaya hidup selama kamu di negara tujuan. Perhitungan biaya ini harus dilakukan dengan cermat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman bunga rendah dari bank agar kamu bisa mendapat modal dana yang memadai untuk belajar di luar negeri. Perhitungkan saja baik-baik agar kamu bisa menggunakan pinjaman tersebut dengan bijak.

●       Penuhi Persyaratan Dokumen

Tips berikutnya adalah penuhi persyaratan dokumen yang harus kamu serahkan ke pihak universitas. Selain itu kamu juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen lain terkait keberangkatanmu ke negara tujuan.

Hal ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari karena ada beberapa jenis dokumen yang butuh waktu sampai bisa kamu dapatkan. Perhatikan baik-baik apa saja syarat dokumennya dan lengkapi satu per satu secara perlahan.

Baca juga: Investasi Online yang Fleksibel dengan Aplikasi Digibank Reksa Dana

Kesimpulan

Jika kamu benar-benar siap untuk berkuliah di luar negeri maka pinjaman KTA dari digibank by DBS bisa jadi solusi yang tepat. Produk pinjaman ini bisa menyediakan modal dana yang mencukupi untuk berkuliah di negara impianmu.

digibank KTA menawarkan pinjaman dengan limit sampai Rp200 juta dan approval hanya 60 detik. Selain itu apply pinjaman juga mudah tanpa dokumen fisik dan cicilan bisa sampai 36 bulan.

Tunggu apa lagi? Langsung apply sekarang! Untuk mengakses informasi lebih lengkap mengenai penawaran pinjaman bunga rendah digibank KTA, klik di sini!

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas