Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jelang Periode Ramadhan, Kilang Pertamina Internasional Pastikan Produksi dan Suplai BBM Aman

PT KPI telah melakukan rapat koordinasi dengan perwakilan dari PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Trans Kontinental

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jelang Periode Ramadhan, Kilang Pertamina Internasional Pastikan Produksi dan Suplai BBM Aman
dok. Pertamina
Kilang Pertamina di Dumai, Riau. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui unit usahanya PT Kilang Pertamina Internasional memastikan produksi bahan bakar minyak dan avtur aman jelang menghadapi periode Ramadhan yang jatuh pada Maret-April 2024.

Sebagai informasi, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) menjalankan bisnis Pertamina terkait pengolahan minyak dan gas bumi serta bahan lainnya menjadi produk-produk bahan bakar, pelumasan, petrokimia dan farmasi.

Senior Manager Operation & Manufacturing Refinery Unit (RU) II Dumai Rudi Hartono mengatakan, saat ini Kilang Dumai dan Sei Pakning beroperasi dalam kapasitas optimum untuk menjamin ketersediaan BBM dan Avtur selama periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Baca juga: Jaga Ketahanan BBM Dalam Negeri, Kilang Pertamina Kerja Sama dengan NBK

"Berbagai upaya telah disiapkan dan dilakukan oleh PT KPI Unit Dumai sebagai bentuk mitigasi keandalan kilang sehingga dapat memproduksi BBM dan Avtur sebagaimana yang telah direncanakan," ungkap Rudi dalam keterangannya, Sabtu (17/2/2024).

Adapaun, PT KPI telah melakukan rapat koordinasi dengan perwakilan dari PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) Regional 1, PT Pertamina Lubricants serta beberapa stakeholder terkait.

Rapat koordinasi ini membahas langkah-langkah yang akan diambil untuk memastikan ketersediaan BBM dan Avtur selama periode penting ini, di mana permintaan biasanya meningkat secara signifikan.

BERITA TERKAIT

Beberapa point penting yang dibahas dalam rapat koordinasi ini diantaranya analisis data dan trend permintaan BBM dan Avtur selama periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun sebelumnya, hingga ketersediaan stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan, khususnya di wilayah Sumatera Bagian Utara.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU II Dumai, Agustiawan mengatakan, pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi kepada pihak terkait, termasuk pemerintah dan institusi lainnya.

Ia juga menegaskan bahwa PT KPI Unit Dumai terus memastikan infrastruktur penyimpanan dan distribusi dalam kondisi baik serta meningkatkan pengawasan terhadap proses penyimpanan dan distribusi untuk mencegah kendala yang tidak diharapkan.

Baca juga: Jaga Stabilitas, Pertamina Monitor BBM dan LPG Jelang Pemilu di Jawa Tengah dan DIY

Setelah melalui diskusi yang mendalam, Pertamina sepakat untuk mengambil langkah-langkah proaktif guna memastikan pasokan BBM dan Avtur yang memadai di wilayah Sumbagut selama periode Ramadhan dan Idul Fitri.

"Rapat koordinasi ini dianggap sebagai langkah yang penting dalam memastikan ketersediaan energi yang cukup bagi masyarakat," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas