Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Belanja Kebutuhan Sahurmu di Astro dan Manfaatkan Promo Spesial BRI Diskon 20 Persen!

Anda bisa membeli bahan-bahan berkualitas dengan harga terjangkau di Astro serta mendapatkan diskon tambahan dengan Debit BRI.

Penulis: Content Writer
zoom-in Belanja Kebutuhan Sahurmu di Astro dan Manfaatkan Promo Spesial BRI Diskon 20 Persen!
Image by tirachardz on Freepik
ilustrasi belanja bahan makanan. 

TRIBUNNEWS.COM - Puasa Ramadan adalah ibadah wajib yang dilaksanakan selama satu bulan penuh dengan menahan diri dari hal-hal maupun perbuatan yang buruk, mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Sebelum menjalani puasa, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan sahur pada dini hari.

Sahur menjadi aktivitas yang penting karena memiliki banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh, yaitu memenuhi kebutuhan energi saat puasa, mencegah kadar gula darah rendah, dan menjaga berat badan.

Umat Muslim juga patut melakukan rutinitas seperti biasa meski dalam keadaan berpuasa, sehingga sebagian orang terkadang tidak sempat untuk menyiapkan sahur dan berujung melewatkan aktivitas makan tersebut.




Untuk menghindari kondisi badan lemas akibat tidak sahur, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyiapkan sahur yang praktis. Nah, apa saja tipsnya? 

1. Rencanakan menu dan waktu memasak

Pertama, buatlah daftar menu yang simple untuk jangka waktu satu minggu. Saat ini banyak pengguna internet maupun media sosial yang telah membagikan kumpulan resep sahur yang sederhana dan praktis. Anda juga bisa menanyakan pendapat keluarga tentang menu yang diinginkan.

Selain itu, rencanakan durasi memasak dengan mengalokasikan waktu sebanyak 30-45 menit. Hal ini diperlukan agar Anda masih memiliki banyak waktu untuk menyantap makanan. Jika sahur melewati waktu subuh, puasa Anda menjadi batal.

BERITA TERKAIT

2. Tetap sajikan menu sahur bernutrisi

Sahur tidak hanya berkaitan dengan jumlah porsi yang dikonsumsi. Justru, komposisi makanan yang dicerna dalam tubuh akan memengaruhi kelancaran ibadah puasa Anda. Walaupun Anda ingin memasak menu yang simple, jangan lewatkan komposisi seimbang di dalam makanan sahur, yakni protein dan serat.

Bahan-bahan yang mudah diolah antara lain ayam, tahu, tempe, ikan, dan sayuran seperti brokoli, dan wortel. Anda bisa membuat berbagai macam kreasi makanan dengan menggunakan kombinasi bahan tersebut. Siapkan juga buah-buahan untuk menambah sumber serat agar perut kenyang dalam waktu lama.

3. Cicil proses memasak pada sore dan malam hari

Anda bisa menyiapkan makanan sahur saat sore maupun malam hari, seperti memotong dan marinasi bahan, serta membuat bumbu halus. Jangan lupa simpan bahan dan bumbu di kulkas agar tetap awet. Setelah disimpan di kulkas, Anda bisa mengolah bahan dan bumbu yang sudah disiapkan tadi ketika sahur.

Jika ada makanan berbuka yang tersisa, tidak ada salahnya untuk menyimpan makanan tersebut di dalam kulkas dan kemudian dihangatkan kembali ketika sahur. Dengan cara ini, Anda juga bisa menghemat waktu dan tenaga.

4. Berbelanja bahan makanan untuk seminggu

Setelah mengumpulkan banyak menu, breakdown menu-menu tersebut kemudian buatlah daftar belanja bahan makanan untuk kebutuhan selama satu minggu. 

Sebelum pergi belanja pastikan juga ketersediaan bahan yang ada di kulkas sehingga Anda tidak perlu bolak-balik ke pasar atau supermarket jika ada bahan yang habis atau kurang.

Nah, sekarang ada cara belanja yang mudah dan efisien, lho. Anda cukup membeli semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu sahur dengan belanja di Astro.

Anda bisa membeli bahan-bahan berkualitas dengan harga terjangkau di Astro. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon tambahan 20 persen hingga Rp100.000 dengan melakukan transaksi menggunakan Debit BRI. 

Untuk menikmati promo ini, Anda perlu melakukan transaksi minimal Rp300.000 dan menggunakan kode promo BRIRAMADHAN24.

Promo ini berlaku 1x transaksi / user / periode dan tersedia sebanyak 50 transaksi per hari. Jangan lewatkan kesempatan ini karena promo ini berlangsung terbatas mulai dari 10-22 Maret 2024.

Mau promo spesial BRI yang lain? Tentu bisa! Dapatkan berbagai info menarik seputar penawaran spesial BRI dengan follow Instagram @bankbri_id

Jangan lupa juga download BRImo di App Store, Play Store, atau Huawei App Gallery  karena #BRImoMudahSerbaBisa. Tanpa perlu repot ke bank, kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan lewat satu aplikasi. Ada puluhan fitur yang siap membuat hidupmu makin sat set, lho!

Nah buat kamu yang belum punya Tabungan BRI dan ingin merasakan kemudahan transaksi dan dapetin promo spesial BRI, yuk buka Tabungan BRI via BRImo sekarang. Buka Tabungan BRI dimana aja, kapan aja karena Tabungan BRI Pas Buatmu!

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas