Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis
Tujuan Terkait

Program “Star Edu”, Sinergi KB Bank dan ITB Ahmad Dahlan Tingkatkan Literasi Keuangan

KB Bank berkolaborasi dengan ITB Ahmad Dahlan menggelar Program “Star Edu” untuk meningkatkan sinergi antara keahlian keuangan KB Bank dan Universitas

zoom-in Program “Star Edu”, Sinergi KB Bank dan ITB Ahmad Dahlan Tingkatkan Literasi Keuangan
dok. KB Bank
KB Bank berkolaborasi dengan salah satu Universitas Muhammadiyah, “ITB Ahmad Dahlan” menggelar Program “Star Edu”. 

TRIBUNNEWS.COM – KB Bank berkolaborasi dengan salah satu Universitas Muhammadiyah, “ITB Ahmad Dahlan” menggelar Program “Star Edu” untuk meningkatkan sinergi antara keahlian keuangan KB Bank dan Universitas Muhammadiyah yang memiliki jejak pendidikan dan sosial yang luas.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen KB Bank untuk terus memberikan kontribusi terbaiknya dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat.

Pada program training yang akan dimulai pada Senin, 18 Maret 2024 hingga Rabu, 20 Maret 2024  ini, KB Bank memberikan dukungan dalam bentuk “Beyond Excellent Trainers”.  Manajemen KB Bank akan turut hadir sebagai pengajar/trainer melalui program pelatihan bertajuk “Membimbing Banking Profesional Masa Depan”.




Hal ini merupakan komponen penting dari kemitraan ini dengan berfokus pada pemberdayaan para pengajar untuk mempersiapkan para siswa/i dalam menghadapi persaingan secara global khususnya di industri perbankan.

Baca juga: Perkuat Branding ‘Korea Best’, PT Bank KB Bukopin Resmikan KB Bank sebagai Merek dan Logo Baru

Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara KB Bank yang diwakili oleh Robby Mondong selaku Wakil Direktur Utama KB Bank dengan ITB Ahmad Dahlan yang diwakili oleh Dr. Yayat Sujatna, SE., Msi selaku Rektor ITB Ahmad Dahlan, pada hari Jumat tanggal 15 Maret 2024 dalam acara Kick-off Meeting di Auditorium Syafruddin Prawiranegara, Kampus ITB Ahmad Dahlan Jakarta. Selain itu, acara ini dimeriahkan dengan Seminar “ESG Awareness: Sustaining in VUCA World” yang melibatkan sekitar 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, hingga praktisi.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong mengatakan, “Sebagai bank yang mengedepankan layanan kepada masyarakat, KB Bank sangat bangga bisa menjadi pendukung utama dalam program ini. Sebab literasi dan inklusi keuangan sangat berperan penting dalam memberikan pendidikan dan akses kepada masyarakat terkait pengelolaan keuangan dan berbagai manfaat layanan keuangan. Sehingga kedepannya diharapkan masyarakat memiliki pengetahuan yang cukup tentang konsep dasar keuangan agar bisa membuat keputusan keuangan yang lebih bijak di masa mendatang. Selain itu, melalui acara ini KB Bank juga berharap bisa memberikan akses keuangan yang lebih komprehensif melalui pengenalan berbagai produk KB Bank yang kompetitif untuk bisa diakses oleh seluruh ekosistem keluarga besar Muhammadiyah.”

Penandatanganan MoU antara KB Bank dengan ITB Ahmad Dahlan
Penandatanganan MoU antara KB Bank yang diwakili oleh Robby Mondong selaku Wakil Direktur Utama KB Bank dengan ITB Ahmad Dahlan yang diwakili oleh Dr. Yayat Sujatna, SE., Msi selaku Rektor ITB Ahmad Dahlan, Jumat (15/3/2024).

Selain memberikan literasi keuangan melalui training, kemitraan ini juga menandai dimulainya aliansi strategis menuju kolaborasi yang lebih luas dengan KB Financial Group (KBFG) untuk memfasilitasi integrasi layanan keuangan yang komprehensif untuk Ekosistem Muhammadiyah, seperti:

BERITA TERKAIT

1. Integrasi Layanan Keuangan Tanpa Batas.

KBFG memiliki beragam layanan keuangan yang mencakup perbankan, sekuritas, asuransi, kartu kredit, investasi, dan kredit khusus, menghadirkan proposisi unik bagi ekosistem Muhammadiyah. Keragaman dan luasnya layanan KBFG sangat selaras dengan sifat multifaset dari operasi Muhammadiyah yang meliputi pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, sosial kemasyarakatan, dan kegiatan keagamaan.

2. Solusi Keuangan yang Disesuaikan untuk Beragam Kebutuhan Keluarga Besar Muhammadiyah. 

KB Bank akan memperkenalkan serangkaian solusi keuangan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik seperti pembiayaan pendidikan, pembiayaan kesehatan, kewirausahaan, hingga kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan.

3. Pemberdayaan Digital dan Teknologi. 

KBFG memiliki platform yang canggih untuk bisa memfasilitasi transaksi keuangan yang efisien, meningkatkan literasi keuangan, dan menyediakan akses digital ke layanan perbankan bagi masyarakat luas. Hal ini mencakup pengembangan solusi pembayaran digital co-branded, aplikasi mobile banking yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga besar Muhammadiyah, dan sistem pembayaran untuk layanan pendidikan serta kesehatan.

4. Memperkuat Keterlibatan Masyarakat dan Inklusi Keuangan

Komitmen KBFG terhadap inklusi keuangan dan pelibatan masyarakat selaras dengan misi pemberdayaan sosial. Melalui kemitraan ini, KBFG bertujuan untuk memperluas jangkauannya ke segmen yang belum terlayani dalam   keluarga besar Muhammadiyah, menyediakan akses ke layanan keuangan yang mendukung pengembangan ekonomi serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Integrasi strategis KBFG dalam ekosistem Muhammadiyah merupakan langkah yang signifikan untuk mencapai kemitraan layanan keuangan yang menyeluruh. Dengan menyelaraskan kemampuan keuangan KBFG yang komprehensif dengan beragam kebutuhan komunitas Muhammadiyah, kolaborasi ini siap untuk memberikan manfaat bersama, seperti memberikan solusi layanan perbankan hingga mendorong literasi keuangan, inklusivitas, dan pemberdayaan masyarakat di seluruh Indonesia.

Baca juga: Peduli Pendidikan, Bank KB Bukopin Dukung Penuh Pembangunan Perpustakaan Multikultural di Bekasi

Admin: Sponsored Content

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas