Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menparekraf Sebut Program Ini Jadi Win-win Solution Saat Harga Mulai Naik Jelang Lebaran

Sandiaga Uno menjelaskan, pihaknya mereaktivasi program strategis, kemitraan co-branding Wonderful Indonesia pada momen Ramadan 2024

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menparekraf Sebut Program Ini Jadi Win-win Solution Saat Harga Mulai Naik Jelang Lebaran
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat peluncuran program co-branding Belanja Ekstra Murah (BERKAH), Kamis (28/3/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menjelaskan, pihaknya mereaktivasi program strategis, kemitraan co-branding Wonderful Indonesia pada momen Ramadan 2024 ini, Kamis (28/3/2024).

Pada tahun ini, program yang sudah ada sejak 2017 akan diawali dengan program kampanye bertajuk BERKAH alias Belanja Ekstra Murah di momen bulan suci Ramadan dan menjelang Lebaran.

Sandiaga menjelaskan, momen peluncuran program ini dilakukan saat harga-harga kebutuhan merangkak naik.

Baca juga: Sandiaga Uno Keluarkan Surat Edaran, Minta Pemda Siapkan Destinasi Wisata untuk Libur Lebaran

"Program Berkah merupakan win-win solution bagi para mitra co-branding Wonderful Indonesia yang menyediakan harga khusus maupun dan bagi konsumen saat penghujung bulan Ramadan saat harga-harga mulai naik, program ini memberikan penawaran belanja ekstra murah" ujar Sandiaga, dikutip Kamis (28/3/2024).

Dia menjelaskan, program ini juga memberikan ruang terbuka kepada para mitra co-branding Wonderful Indonesia untuk terlibat dalam aktivasi co-selling produk atau jasa melalui website indonesia.travel dan akan diamplifikasi di @creativebyindonesia dan @pesona.indonesia selama 28 Maret 2024 hingga- 12 April 2024.

"Hal ini merupakan wujud dukungan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif dalam menggerakan roda perekonomian nasional yang tengah bangkit pasca-pandemi," katanya.

Adapun pihak Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf yang dipimpin Ni Made Ayu Marthini dalam keterangannya menyebut, momentum bulan Ramadan dan Idul Fitri dipilih sebagai periode kampanye karena kebutuhan barang dan jasa masyarakat umumnya meningkat.

BERITA TERKAIT

Tercatat, ada beberapa tren yang umum terjadi selama bulan Ramadan di Indonesia, antara lain peningkatan konsumsi makanan dan minuman.

Hal ini mencakup pembelian bahan makanan untuk persiapan sahur dan berbuka, serta pembelian makanan dan minuman khusus yang populer selama bulan Ramadan seperti kurma, bubur, sirup, dan camilan khas.

Baca juga: 55 Kapal Disiapkan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Antisipasi Lonjakan Wisata ke Bali saat Lebaran

Tren lain adalah peningkatan pembelian pakaian dan produk kecantikan.

Pihak Kemenparekraf juga mencatat adanya peningkatan belanja online yang dibareni oleh oleh promosi dan diskon khusus dari banyak toko fisik maupun online.

"Secara keseluruhan, bulan Ramadan di Indonesia adalah waktu yang penting secara budaya dan ekonomi, di mana terjadi peningkatan signifikan dalam aktivitas belanja seiring dengan persiapan untuk merayakan Idul Fitri. Wonderful Indonesia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bergabung dan menyukseskan program Berkah ini baik yang secara langsung terafiliasi dengan industri pariwisata & ekraf, maupun yang tidak. Selain itu, kesempatan mitra untuk bergabung terbuka melalui email ke kemitraan@indonesia.travel untuk mendapatkan info lebih lanjut," tulis keterangan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas