Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Apa Kabar Insentif Mobil Hybrid, Ini Kata Jokowi

Presiden Joko Widodo, mengungkapkan rencana adanya insentif tersebut dan kini masih dalam pembicaraan di tingkat menteri.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Apa Kabar Insentif Mobil Hybrid, Ini Kata Jokowi
Tribunnews/Lita
Presiden Joko Widodo saat menyambangi pameran kendaraan listrik PEVS 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/5/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.C0M, JAKARTA - Pemerintah berencana memberikan insentif bagi pembelian mobil hybrid di tahun ini. Aturannya tengah dalam pembahasan.

Presiden Joko Widodo, mengungkapkan rencana adanya insentif tersebut dan kini masih dalam pembicaraan di tingkat menteri.




"(Insentif mobil hybrid) Masih dibicarakan dengan menteri ekonomi dan menteri perindustrian," ungkap Jokowi saat mengunjungi pameran PEVS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Baca juga: Toyota Gembira Pemerintah Siapkan Insentif Mobil Hybrid pada Tahun Ini

Diketahui, hingga saat ini pemerintah baru mengeluarkan kebijakan insentif untuk kendaraan listrik pada segmen Battery Electric Vehicle (BEV).

Insentif yang diberikan yakni pada Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen, dari sebelumnya 11 persen menjadi 1 persen. Sedangkan insentif untuk kendaraan hybrid belum juga tersedia hingga kini.

Sebelumnya, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, mengatakan pihaknya menyambut baik dan mendukung kebijakan insentif hybrid jika dikeluarkan.

BERITA TERKAIT

"Kita senang, kita mendukung untuk adanya insentif hybrid yang bisa membuat akselerasi customer pindah dari ICE ke hybrid bisa lebih cepat," tutur Henry di Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/5/2024).

Baca juga: Soal Insentif Mobil Hybrid, Kemenperin: Semua Formula Dipikirkan

Toyota menilai hybrid inline dengan apa yang dibutuhkan oleh pemerintah maupun masyarakat, yakni mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Tak hanya itu, produksi mobil hybrid juga dapat dilakukan secara lokal.

"Kita senang sekali, sangat menyambut-lah kalau ada insentif untuk mobil hybrid," imbuh Henry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas