Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menhub Budi Karya: Kereta Otonom IKN Akan Uji Coba di Agustus 2024

Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat ini memiliki jalur lalu lintas sebanyak enam jalur, satu lajur dikhususkan untuk bus dan ART.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Menhub Budi Karya: Kereta Otonom IKN Akan Uji Coba di Agustus 2024
HO
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau lokasi pembangunan kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (3/6/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) yang bakal beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, bakal diuji coba pada Agustus mendatang.

Hal ini sejalan dengan selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat sebagai jalur kereta otonom atau ART tersebut.

"Terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, salah satunya untuk jalur ART. Insya Allah, dengan jalur yang sudah ada, ART bisa diuji coba pada bulan Agustus nanti," kata Menhub Budi dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Menhub Budi Targetkan Bandara IKN Mulai Beroperasi 1 Agustus 2024

Menhub Budi bilang, Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat ini memiliki jalur lalu lintas sebanyak enam jalur, satu lajur dikhususkan untuk bus dan ART. Di sisi lain, dia menilai jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat ini dibangun dengan tekstur yang sangat halus.

"Aspal di jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat ini sangat halus dan punya kelenturan yang luar biasa. Hal ini tentu akan membuat nyaman para pengendara dan penumpang yang melintas," terang Menhub.

Selain itu, Menhub Budi menegaskan bahwa IKN dirancang sebagai kawasan yang menerapkan konsep kota cerdas berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan. Menurutnya, kehadiran ART di IKN mampu meningkatkan efisiensi serta keamanan dalam bermobilitas serta ramah lingkungan.

BERITA TERKAIT

Untuk itu, Menhub berharap IKN dapat menjadi pelopor kota berbasis transportasi cerdas di tanah air.

"ART dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusi kan dengan marka jalan dan magnet. Alhasil, kendaraan ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi," tutur Menhub Budi.

"Semoga IKN bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas