Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menhub Budi Targetkan Bandara IKN Mulai Beroperasi 1 Agustus 2024

Budi Karya Sumadi, menargetkan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal beroperasi pada 1 Agustus 2024 mendatang.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Sanusi
zoom-in Menhub Budi Targetkan Bandara IKN Mulai Beroperasi 1 Agustus 2024
BKIP Kemenhub
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Bandara Ibu kota Nusantara (IKN), Senin (3/6/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menargetkan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal beroperasi pada 1 Agustus 2024 mendatang.

Hal tersebut dia sampaikan saat meninjau progres pembangunan Bandara Ibu kota Nusantara (IKN). Dia bilang, progres pembangunan landasan pacu dan gedung terminal secara garis besar sudah sesuai rencana.

"Untuk landas pacu dan gedung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas, jika dibandingkan saat saya terakhir kali ke sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan," kata Menhub Budi dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Jokowi Buka Suara soal Mundurnya Kepala dan Wakil Otorita IKN: Pembangunan Terus Berlanjut

Menhub Budi berharap, sinergi yang dibangun antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kemenhub dan para pekerja dapat mewujudkan komitmen bersama untuk menyelesaikan Bandara IKN pada 1 Agustus 2024.

"Insya Allah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti," kata Menhub Budi.

"Mudah-mudahan cuaca di sini senantiasa cerah, sehingga proyek pembangunan bandara bisa berjalan dengan lancar," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Untuk diketahui, progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-25 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP, pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP.

Kemudian pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC, pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional, pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK, serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Baca juga: Teka-teki alasan pengunduran diri Kepala Otorita IKN dan delapan hal yang perlu diketahui

Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina, pekerjaan minipile bangunan power house, pekerjaan cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat, pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP, serta pekerjaan pondasi rumah dinas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas