Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jokowi hingga Prabowo Diundang Nonton MotoGP Mandalika September Ini

MotoGP seri Mandalika ini akan berlangsung pada 27-29 September 2024 mendatang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jokowi hingga Prabowo Diundang Nonton MotoGP Mandalika September Ini
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pembalap dari tim KTM Red Bull Factory Racing Miguel Oliveira berselebrasi usai menjuarai seri kedua MotoGP di Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Minggu (20/3/2022). Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan diundang untuk menyaksikan balap motor paling bergengsi MotoGP yang akan diselenggarakan di Sirkuit Pertamina Internasional Mandalika pada 27-29 September 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan diundang untuk menyaksikan balap motor paling bergengsi MotoGP yang akan diselenggarakan di Sirkuit Pertamina Internasional Mandalika pada 27-29 September 2024.

Tak hanya Jokowi dan Ma'ruf Amin, rencananya Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga akan turut diundang.




Hal ini diungkapkan langsung oleh CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

"Di tahun 2023 lalu Pak Jokowi beserta Bapak Wakil presiden juga kita undang. Di tahun 2024 ini Bapak Presiden dan Wakil Presiden kita undang, dan tentunya juga Bapak Presiden terpilih Wakil Presiden terpilih juga kita undang,

"Sebagai tuan rumah ya jadi sirkuit kita ini milik pemerintah, kita mengundang Bapak Presiden Bapak Wakil Presiden dan tentunya Menteri-Menteri yang ada seperti biasanya untuk turut serta menyaksikan ajang MotoGP," sambungnya.

Meskipun belum ada kepastian, MGPA mengaku telah melakukan komunikasi intens dengan Tim Prabowo-Gibran.

BERITA TERKAIT

Adapun, biasanya konfirmasi kepastian kedua tokoh tersebut hadir pada beberapa hari menjelang race berlangsung.

"Kita tentunya (komunikasi) lewat masing-masing kan punya protokol punya tim sendiri, kalau ini selalu konfirmasinya detik terakhir demi keamanan segala jamnya siapa yang berangkat itu detik terakhir," pungkasnya.

MotoGP seri Mandalika ini akan berlangsung pada 27-29 September 2024 mendatang. Event balap lainnya, Asia Road Racing Championship (ARRC) akan berlangsung pada 26-28 Juli 2024.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Dituding Proyek Mangkrak, Erick Thohir Menangkis Begini

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan, penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP 2024 dan event ARRC bukan hanya sekedar ajang balap motor kelas dunia.

Perhelatan ini juga menjadi peluang besar bagi Sport Tourism di Indonesia, yang berpotensi menjadi penyumbang devisa yang signifikan bagi negara.

"Kita memiliki kesempatan untuk menarik perhatian dunia sekaligus memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan perekonomian lokal," ungkap Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Baca juga: Sirkuit Mandalika Tidak Lagi Jadi Tuan Rumah WSBK Tahun 2024, Begini Respons Pj Gubernur NTB

"Saya optimistis ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP, tak hanya balapan motor, tetapi juga kesempatan emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya The Mandalika," sambungnya.

Berdasarkan catatan dari tahun ke tahun, gelaran MotoGP telah memberikan multiplier effect besar bagi masyarakat sekitar.

Khusus untuk 2024, dampak ekonomi dari terselenggaranya acara tersebut diprediksi mencapai Rp4,3 triliun, dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 2.000 orang lebih.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas