Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sri Mulyani: Prabowo Setuju Jaga Defisit APBN di Bawah 3 Persen

Sri Mulyani mengatakan, Prabowo sudah memberi kepastian bahwa defisit APBN akan tetap dijaga di bawah tiga persen.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Sri Mulyani: Prabowo Setuju Jaga Defisit APBN di Bawah 3 Persen
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Presiden Terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto sepakat menjaga defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di bawah 3 persen.

Sri Mulyani mengatakan, Prabowo sudah memberi kepastian bahwa defisit APBN akan tetap dijaga di bawah tiga persen.

"APBN 2024 tetap dijaga defisitnya di bawah 3 persen. Ini adalah komitmen yang sama," katanya dalam konferensi pers di kantor Direktorat Jenderal Pajak, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2024).

"Kami sudah menyampaikan kepada Presiden terpilih, Bapak Prabowo, beliau juga memberikan assurance atau keyakinan arahan bahwa beliau komit terhadap defisit di bawah 3 persen," lanjutnya.

Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025, pemerintah menyepekatai rentang defisit RAPBN 2025 sebesar 2,29-2,82 persen PDB.

Menyusul Prabowo yang telah sepakat menjaga defisit APBN di bawah tiga persen, penyusunan RAPBN 2025 pun kini telah dimulai.

BERITA REKOMENDASI

Sri Mulyani menyatakan bahwa RAPBN transisi harus terus dikomunikasikan, dikoordinasikan, dan disinkronkan antara pemerintah saat ini yang menyusunnya dengan pemerintah yang akan menjalankan, yaitu Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Baca juga: Menko Airlangga Optimis Indonesia Bisa Pertahankan Defisit APBN di Bawah 3 Persen

Ia menyebut telah menyampaikan postur Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEMPPKF) kepada Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan.

"Kita komunikasikan dengan tim gugus tugas, dalam hal ini yang sudah disampaikan oleh Presiden terpilih Pak Prabowo, yaitu Mas Tommy dan timnya di bawah Pak Sufmi Dasco. Ini kita terus koordinasikan," ujar Sri Mulyani.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas