Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tren Pembobolan Data, Ini Jurus BNI Pastikan Keamanan Para Nasabah

Supperapp Wondr by BNI telah dilengkapi dengan standar keamanan yang terbaik dan mudah dipahami oleh nasabah. Setidaknya terdapat tiga layer keamanan

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tren Pembobolan Data, Ini Jurus BNI Pastikan Keamanan Para Nasabah
Nitis Hawaroh/Tribunnews.com
Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Royke Tumilaar 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Technology and Operations PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Toto Prasetio menyatakan, pihaknya memastikan keamanan data dari nasabah di Supperapp Wondr by BNI ditengah ancaman cyber yang kerap terjadi di perbankan.

Toto bilang, Supperapp Wondr by BNI ini telah dilengkapi dengan standar keamanan yang terbaik dan mudah dipahami oleh nasabah. Setidaknya terdapat tiga layer keamanan dalam aplikasi tersebut.

"Jadi ada beberapa layer yang saya sebutkan, jadi layer yang paling atas edukasi, edukasi ke nasabah agar supaya menggunakan atau meng-keep password-nya dengan hati-hati, supaya tidak terjadi yang namanya social engineering," kata Toto saat Konferensi Pers di Gedung BNI, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Baca juga: BNI Resmi Luncurkan Aplikasi Supperapp Wondr by BNI, Ini Keunggulannya

Kemudian, layer kedua merupakan kontrol terhadap aplikasi Wondr by BNI. Terakhir, layer teknologi security yang dilengkapi dengan sistem Artificial Inteligen (AI) hingga keamanan enkripsi data.

"Artificial Intelligence, pada saat kita melakukan liveness detection, bahwa memang bukan fake. lalu kita meng-adopt yang namanya multi-factor authentication. Jadi kita password ada, lalu kita ada mobile pin, yang agar men-translate dari password-nya yang ada," jelas Toto.

"Lalu keamanan apa lagi yang kita taruh? Ya seluruh faktor keamanan kayak NCC-nya, enkripsi datanya, lalu yang berkaitan dengan server-servernya, harus selalu istilahnya tidak bisa diakses sembarang orang, termasuk backup-nya. Jadi ini juga yang kita lakukan terhadap itu," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Royke Tumilaar menyatakan, BNI memastikan keamanan data melalui penguncian layer-layer dalam Supperapp Wondr by BNI. Artinya, tidak sembarang orang yang bisa membuka akses tersebut.

"Pintu-pintunya kita juga setiap hari lakukan kebolongan-kebolongan itu, kita uji semua, penetrasi test, segala macam. Itu jalan terus. Sekalian upgrade. Makanya investasi itu bukan cuma sistem aplikasi, tapi investasi paling mahal juga security-nya," jelas Royke.

"Jadi bikin aplikasi ini ada 40 surrounding yang harus dibangun. Itu termasuk security, segala macam security juga harus dibangun," imbuhnya menegaskan.

Baca juga: Tingkatkan Skill Digital Karyawannya, BNI Gandeng Dibimbing.id

Sebelumnya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, resmi meluncurkan aplikasi banking 'Wondr by BNI' sebagai solusi bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pengelolaan keuangan yang terencana.

Aplikasi Wondr by BNI dilengkapi dengan tiga dimensi Keuangan yang unik yaitu transaksi, insight, dan growth dan mencerminkan konsep masa kini, masa lalu, dan masa depan.

Melalui tiga fitur tersebut di aplikasi Wondr by BNI justru memberikan kemudahan pengelolaan keuangan yang komprehensif untuk meningkatkan kemampuan transaksi pengguna. Selain itu, menjadikan Wondr by BNI sebagai banking app baru yang relevan untuk memenuhi kebutuhan finansial setiap nasabah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas