Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

One Global Capital Akuisisi Pusat Perbelanjaan di Sydney

Akuisisi atas The Grand Shopping Centre masih terikat kontrak dengan penyelesaian akuisisi yang diharapkan terjadi pada Agustus 2024.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in One Global Capital Akuisisi Pusat Perbelanjaan di Sydney
handout
The Grand yang diakuisisi One Global Capital seharga Rp215 miliar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - One Global Capital, perusahaan pengembang properti milik pengusaha asal Surabaya, Iwan Sunito, mengakuisisi kepemilikan pusat perbelanjaan The Grand di timur Kota Sydney senilai Rp215 miliar dengan imbal hasil 7 persen.

Akuisisi atas The Grand Shopping Centre masih terikat kontrak dengan penyelesaian akuisisi yang diharapkan terjadi pada Agustus 2024 dan bisa menjadi sumber pendapatan berulang bagi perusahaan.




One Global Capital merencanakan akuisisi properti lain di masa datang.

Komisaris dan CEO One Global Capital, Iwan Sunito mengungkapkan, akuisisi ini akan meningkatkan nilai investasi perusahaan menjadi di atas Rp10 triliun.

“Kami berada pada tahap awal fase pertumbuhan perusahaan. Selain The Grand, One Global Capital sedang dalam exclusive due dilligent untuk membeli satu gedung perkantoran di Sydney sebesar Rp4,4 triliun untuk proyek kami ke depan," ujarnya.

Di mengatakan, akuisisi atas Grand Shopping Centre terasa signifikan karena merupakan bagian dari visi strategis tujuh tahun untuk go public sambil meningkatkan recurring income perusahaan dan membangun kapasitas pengembangan mixed-use.

BERITA TERKAIT

Nama pusat perbelanjaan ini akan diubah menjadi The One Global Centre.

"Tim kami segera berupaya menambah tenant, termasuk lebih banyak toko serba ada. Kami berharap dapat mengisi ruang tersebut dalam waktu tiga bulan setelah akuisisi rampung,” kata Iwan Sunito.

Tahap pertama pusat perbelanjaan ini dibuka pada Juli 2021, yang mencakup ruang ritel seluas lebih dari 3.000 meter persegi dan terdiri dari 16 gerai ritel.

Diantaranya, Aldi dengan format lebih besar, Metro Wool-worths, dan sejumlah toko khusus seperti Pattison Pattiserie, Wholelife Pharmacy, Australia Post and Newsagency, Ausome Nails, Akira Sushi, Hatch Espresso, SP mobile, dan Val Morgan Retail.

Baca juga: Dugaan Fraud di Balik Batalnya Akuisisi Bank Muamalat oleh BTN

“Kami berencana menambah lebih banyak peritel di pusat perbelanjaan ini untuk menjadikan The One Global Centre sangat nyaman,” katanya.

Aaron Downie, Founder Mackenzie Property Group mengungkapkan, kawasan East, Lower North Shore, dan Northern Beach berpotensi tumbuh di atas rata-rata.

Hal senada juga diungkapkan Allen Habbouchi, Head of Project Sales & Distribution Aussieproperty.

Baca juga: PYFA Akuisisi 100 Persen Saham Perusahaan Farmasi Australia

Menurutnya, ada tiga wilayah teratas di pinggir Sydney yang memperlihatkan tren pertumbuhan yang kuat, yakni Coogee, Kingsford, dan Kensington.

Hal ini terutama disebabkan oleh posisinya yang strategis dalam jarak 10 km dari CBD, perguruan tinggi, pantai, dan infrastruktur.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas