Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Akhir Juli, Ada 5 Perusahaan yang Groundbreaking di IKN, Salah Satunya BCA

Basuki Hadimuljono mengatakan akan ada peletakan batu pertama (groundbreaking) lagi yang dilakukan di Ibu Kota Nusantara

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Sanusi
zoom-in Akhir Juli, Ada 5 Perusahaan yang Groundbreaking di IKN, Salah Satunya BCA
AFP/YASUYOSHI CHIBA
Foto ini menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru (tengah) di masa depan ibu kota Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. - Kota baru ini dijadwalkan mulai beroperasi sebagai pusat politik baru negara itu pada 17 Agustus 2024 saat HUT RI ke-79 di calon ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. (Photo by Yasuyoshi CHIBA / AFP) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan akan ada peletakan batu pertama (groundbreaking) lagi yang dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rencananya, groundbreaking tahap VII bakal dilakukan pada akhir Juli ini atau awal Agustus setelah kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua.

Basuki yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN itu menyebut bahwa jumlah perusahaan yang akan melakukan groundbreaking tidak banyak karena sudah mendekati upacara HUT RI ke-79.

Baca juga: Anggota Komisi V DPR: Perpres Percepatan Pembangunan IKN Tidak Menjawab Permasalahan

"Kelihatannya ada, tapi enggak banyak karena mau ada 17-an. Jadi kita fokus di kelengkapannya dulu," katanya kepada wartawan di Jakarta, dikutip Minggu (14/7/2024).

Setidaknya ada lima perusahaan yang akan melakukan groundbreaking pada akhir Juli mendatang. Satu di antaranya adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Basuki belum bisa merinci sektor selain perbankan yang juga akan melakukan groundbreaking.

BERITA TERKAIT

Ia juga belum bisa menyebut besaran investasi dari groundbreaking pada akhir Juli ini.

"Maksimal lima (investor). Sektornya macam-macam, masih dipelajari oleh Pak Agung (Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Agung Wicaksono). Nilai investasinya belum tahu. Salah satunya BCA, yang lainnya saya belum tahu," ujar Basuki.

Groundbreaking terakhir yang dilakukan, yakni Tahap VI, telah rampung pada awal Juni 2024.

Secara total, investasi yang terealisasi mencapai Rp 1,75 triliun.

Baca juga: Cuma Ada 1 Hotel di IKN, Tamu Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 Akan Nginap di Tempat Ini

Investasi itu datang dari lima badan usaha sektor pendidikan dan riset serta tiga badan usaha sektor pendukung.

Ada groundbreaking Bina Bangsa School, Universitas Gunadarma dengan Program Studi Doktor Internasional, dan Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon.

Baca juga: Perpres IKN Terbit, Atur soal Ganti Rugi Tanah Warga yang Terdampak Pembangunan

Lalu, ada juga groundbreaking Pusat Riset Energi Berkelanjutan 'Nusantara Sustainability Hub' yang merupakan kolaborasi Pertamina dengan Bakrie Group, Botanical Garden oleh Konsorsium Nusantara, dan Arena Lifestyle F&B.

Berikutnya, ada groundbreaking Central Telecommunication Office yang didirikan oleh PLN Icon Plus dan kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas