Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sambangi PDNS 1, Menkominfo Tak Ingin Ada Serangan Ransomware Lagi seperti yang Dialami PDNS 2

Pemulihan layanan Pusat Data Nasional 2 Surabaya yang mengalami serangan ransomware saat ini masih berjalan. Menkominfo ikut sidak

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Sanusi
zoom-in Sambangi PDNS 1, Menkominfo Tak Ingin Ada Serangan Ransomware Lagi seperti yang Dialami PDNS 2
HO
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memeriksa Security Operation Center Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 1 di Jakarta Selatan pada Jumat, 19 Juli 2024. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemulihan layanan Pusat Data Nasional (PDNS) 2 Surabaya yang mengalami serangan ransomware saat ini masih berjalan.

Guna mencegah adanya serangan serupa, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pun memeriksa Security Operation Center PDNS 1 di Jakarta Selatan pada Jumat, 19 Juli 2024.

Baca juga: Pasca Serangan Ransomware ke Server PDN, Upaya Pemulihan Dilakukan Hati-hati

"Kedatangan saya kemari untuk memastikan tidak terjadi masalah seperti pada PDNS 2,” kata Budi dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (20/7/2024).

Security Operation Center PDNS 1 di Jakarta Selatan dikelola oleh Lintasarta. Sementara itu PDNS 2 di Surabaya dikelola oleh Telkom.

Dalam pemeriksaan ini, Budi mengungkap telah mendapat penjelasan dari Lintasarta mengenai keamanan di PDNS 1.

Dari penjelasan yang ia terima, Budi mengaku optimis akan keamanannya, tetapi menekankan harus tetap waspada.

BERITA TERKAIT

"Penjelasan dari Lintasarta menambah optimisme, tapi kewaspadaan tetap harus dilakukan," ujar Budi.

"Antisipasi cepat dan pemberesan yang tepat, supaya serangan terhadap satu segmen tidak merembet ke yang lain,” sambungnya.

Sebelum ke PDNS 1, Budi lebih dulu mengunjungi PDNS 2 untuk memastikan percepatan penanganan serangan brain cipher ransomware berlangsung optimal.

Baca juga: Soal Peretasan PDN, Kabareskrim: Ransomware Bukan Hal yang Mudah Ditangani

Lalu, pada 17 Juli 2024, Budi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Data Center Temporer PDNS 2 di Tangerang Selatan.

Rangkaian kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya pengawasan atau supervisi terhadap pemulihan infrastruktur penyediaan layanan digital nasional.

Adapun saat ini upaya pemulihan layanan PDNS 2 dilakukan oleh Kementerian Kominfo, BSSN, Telkom, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Sejumlah layanan publik yang telah berhasil dipulihkan berupa layanan perizinan dan layanan informasi dalam bentuk portal, termasuk layanan beasiswa Kemendikbudristek.

"Fokus saya saat ini adalah pemulihan layanan publik yang terdampak dengan secepat-cepatnya, namun dengan tetap mengedepankan kehati-hatian dari sisi cybersecurity," pungkas Budi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas