Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Forum CxO: Memacu Layanan Perbankan dengan AI dan Cybersecurity

Adopsi teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligece (AI) di sektor jasa keuangan terus meningkat.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Forum CxO: Memacu Layanan Perbankan dengan AI dan Cybersecurity
istimewa
Pembukaan acara CxO Forum Banking Update di Jakarta, Kamis (25/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Adopsi teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligece (AI) di sektor jasa keuangan terus meningkat. Begitu juga kebutuhan terhadap cybersecurity.

President Director & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena, mengatakan optimalisasi pemanfaatan teknologi menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam menghadapi perkembangannya yang begitu cepat.

“Perbankan harus menjadi yang terdepan dalam penggunaan teknologi terkini seperti AI dan cybersecurity untuk membangun pertumbuhan industri serta kepercayaan masyarakat,” ujar Bayu pada sesi panel acara CxO Forum Banking Update yang diselenggarakan Lintasarta bersama Perhimpunan Bank-Bank Nasional Indonesia (Perbanas) di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Baca juga: Pusat Data Nasional Diserang Peretas, Komisi I DPR Minta Cyber Security Ditingkatkan




Bayu mengatakan, CxO Forum Banking Update juga menjadi wadah untuk menjalin hubungan dan kolaborasi antara pelaku industri perbankan, pemerintah, dan perusahaan penyedia layanan teknologi ICT.

"Kami berkomitmen untuk mendukung industri dalam menjadi partner perjalanan transformasi digital dan keamanan data perbankan," ujar Bayu.

Kedepan, melalui kolaborasi dan inovasi teknologi terkini, perusahaan akan terus berkolaborasi untuk memastikan sektor perbankan tetap tangguh dan kompetitif di era digital.

Acara yang mengangkat tema "Meningkatkan Layanan Perbankan dengan Mengadaptasi Peran Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Serta Memperkokoh Keamanan Siber" ini dihadiri 100 lebih pimpinan perbankan, pemerintahan, dan asosiasi perbankan.

BERITA TERKAIT

Acara dibuka oleh Ketua Umum Perbanas yang juga Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Dalam sambutannya, Kartika menekankan pemanfaatan teknologi seperti AI dan Cybersecurity merupakan keniscayaan bagi perbankan untuk membangun dan menjaga kepercayaan masyarakat.

Pembicara utama acara ini adalah Direktur Pengembangan Perbankan Departemen Pengaturan dan Pengembangan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan(OJK) Mohamad Miftah.

Dia menyampaikan bahwa pemerintah melalui OJK mendukung pemanfaatan teknologi AI di perbankan melalui regulasi yang telah masuk dalam roadmap serta cetak biru transformasi digital perbankan.

Acara ini juga menampilkan sesi panel yang menghadirkan para pembicara mewakili industri, di antaranya Ketua Bidang Pengembangan Kajian Ekonomi dan Perbankan Perbanas & Komisaris Utama Allo Bank Aviliani, President Director & CEO Lintasarta Bayu Hanantasena, dan Executive Vice President IT Bank BCA David Formula.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas