Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Soal Tarik Dana Belasan Triliun dari Perbankan Pelat Merah, BCA Mau Rangkul Muhammadiyah?

Sejumlah dana PP Muhammadiyah juga turut dikelola oleh BCA Syariah, mulai dari dana zakat, infaq, dan shadaqah, juga Asset Under Management (AUM).

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Soal Tarik Dana Belasan Triliun dari Perbankan Pelat Merah, BCA Mau Rangkul Muhammadiyah?
KONTAN/Carolus Agus Waluyo
Ilustrasi. Sejumlah dana PP Muhammadiyah juga turut dikelola oleh BCA Syariah, mulai dari dana zakat, infaq, dan shadaqah, juga Asset Under Management (AUM). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) yang merupakan anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk, angkat suara terkait potensi kerjasama yang lebih dalam dengan salah satu organisasi keagamaan yakni PP Muhammadiyah.

Diketahui, Muhammadiyah beberapa waktu lalu dikabarkan telah menarik dana dari perbankan syariah pelat merah. Kabarnya, besaran penarikan dana tersebut cukup fantastis, yaitu mencapai belasan triliun rupiah.

Presiden Direktur BCA Syariah, Yuli Melati Suryaningrum mengatakan, hubungan perusahaan dengan PP Muhammadiyah sebenarnya telah terjalin lama.

Baca juga: BCA Syariah Cetak Laba Bersih Rp89,4 Miliar di Semester I 2024

Bahkan, sejumlah dana PP Muhammadiyah juga turut dikelola oleh BCA Syariah. Mulai dari dana zakat, infaq, dan shadaqah, juga Asset Under Management (AUM).

"Mengenai perpindahan dana atau apapun lah itu namanya, dari dulu sudah ada rekening Muhammadiyah di kami, bahkan kalau dibilang kerjasama yang penerimaan zakat itu dan Lazismu itu sudah ada," ungkap Yuli di Kantor Pusat BCA Syariah, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

"Kemudian ada kerjasama dengan AUM Muhammadiyah itu juga sudah ada dari sebelumnya. Nah kita akan mengembangkan dari sana," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Terkait potensi kerjasama, Yuli tak menutup kemungkinan untuk dapat diperluas.

Kerjasama nantinya sesuai dengan kegiatan bisnis yang dilakukan secara berkelanjutan agar segala sesuatunya berjalan lancar.

"Kalau perpindahan dana kami menyikapinya dengan bisnis yang wajar seperti sebelumnya. Bukan sesuatu yang baru," pungkasnya.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah juga telah melakukan penguatan kerjasama dengan PT Bank BCA Syariah.

Adapun, dalam acara penandatanganan nota kesepahaman yang berlangsung pada 2 Juli 2024 turut dihadiri Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Haedar mengungkapkan pihaknya mendorong dunia perbankan untuk implementasikan tujuan sesuai amanat konstitusi yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat banyak.

Terkait dengan kerja sama yang dibangun antara PP Muhammadiyah dengan BCA Syariah, Haedar menuturkan, bahwa kerja sama ini sudah dijalani sejak lama.

Kerja sama ini diharapkan dapat membantu perbankan untuk melaksanakan tujuan sesuai dengan konstitusi.

“Dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat, Muhammadiyah dengan gerak sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan dakwah itu tujuannya untuk menjadikan masyarakat menjadi yang terbaik,” ungkap Haedar dalam keterangannya, dikutip Rabu (3/7/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas