Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dirjen Hubdat Kemenhub Cek Kesiapan Transportasi Darat di IKN Jelang HUT RI Ke-79

Kemenhub mendukung perayaan HUT RI di IKN dengan penyediaan 97 Bus Fossil yang rencananya akan beroperasi mulai 10 Agustus hingga 18 Agustus

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Sanusi
zoom-in Dirjen Hubdat Kemenhub Cek Kesiapan Transportasi Darat di IKN Jelang HUT RI Ke-79
HO
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Risyapudin Nursin melakukan pengecekan kesiapan transportasi darat di Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Risyapudin Nursin, melakukan pengecekan kesiapan transportasi darat di Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79.

Menurutnya, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran transportasi darat saat peringatan upacara 17 Agustus 2024 mendatang.

"Kami mengecek kesiapan moda transportasi yang akan digunakan saat nanti peringatan upacara 17 agustus 2024 di IKN," kata Risyapudin dalam keterangannya, Rabu (7/8/2024).

Baca juga: BCA Groundbreaking Showcase Produk Ekspor di IKN Pada 12 Agustus

Risyapuddin mengatakan, pada momen ini, Ditjen Hubdat turut serta mendukung dengan penyediaan 97 Bus Fossil yang rencananya akan beroperasi mulai 10 Agustus hingga 18 Agustus 2024.

Ia menambahkan dukungan tersebut sudah termasuk pengemudi, bahan bakar dan pelaksanaan rampcheck. Armada bus tersebut akan dikirimkan secara bertahap mulai tanggal 8 Agustus 2024 dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju ke Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Nantinya bus ini akan melayani tamu undangan umum di luar dari tamu VVIP dan beroperasi dengan sistem shuttle di area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN serta sebagai angkutan antar jemput bandara menuju hotel.

Baca juga: Jokowi Bentuk Satgas Percepatan Investasi IKN, Bahlil Jadi Ketua-AHY Wakil

BERITA TERKAIT

Adapun pada kunjungan ini, Ia meninjau sejumlah lokasi yang rencananya akan dijadikan titik kumpul armada bus di antaranya Gedung Kesenian Balikpapan, Stadion Batakan Balikpapan, serta titik lokasi di wilayah Penajam Paser Utara.

"Nanti akan dilakukan suatu pengaturan, jadwal keberangkatan di setiap titik agar tidak terjadi penumpukan pada area drop off sumbu kebangsaan. Kita juga memerlukan kerja sama dan sinergi dengan seluruh stakeholders," imbuhnya.

Baca juga: Masyarakat Umum Tak Bisa Ikut Upacara di IKN, Sekda Kaltim: Keterbatasan Tempat, Bisa Live Streaming

Sementara untuk pengaturan lalu lintas dan parkir kendaraan bus akan dikoordinasikan dan berkolaborasi dengan Polda Kalimantan Timur, Dinas Perhubungan Provinsi/Kabupaten/Kota terkait dan Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Timur.

"Semoga semuanya sukses dan berjalan lancar dari semua moda transportasi yang sudah dicek hari ini dan harapannya tanggal 10 Agustus nanti bisa dilaksanakan gladi bersih sesuai dengan harapan," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas