Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Rakercab I DPC IWAPI Jaksel Momentum Pengusaha Wanita Bangkit Pasca Pandemi

Rakercab pengurus dan anggota ini mengangkat tema Strategi Perempuan Pelaku Usaha dalam Menciptakan Ekonomi dengan Selalu Memperhatikan Lingkungan

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rakercab I DPC IWAPI Jaksel Momentum Pengusaha Wanita Bangkit Pasca Pandemi
Choirul Arifin/Tribunnews.com
Pembukaan Rakercab I DPD IWAPI Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Pengurus Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jakarta Selatan menyelenggarakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) I di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2024).

Rakercab yang diikuti pengurus dan anggota ini mengangkat tema Strategi Perempuan Pelaku Usaha dalam Menciptakan Ekonomi dengan Selalu Memperhatikan Lingkungan Hidup.

Ketua IWAPI Jakarta Selatan Khoe Ribka menjelaskan, penyelenggaraan Rakercab I 2024 merupakan amanat organisasi yang harus dijalankan untuk membahas program-program kerja organisasi.

Baca juga: Pengusaha Sebut Tarif Penyeberangan Masih Belum Merdeka

"Rakercab ini wajib kita selenggarakan setiap tahun dan diikuti sekitar 50 anggota dan pengurus dari total 200 anggota kita saat ini," ujar Ribka.

Dia mengatakan, Rakercab I ini sekaligus menjadi momentum untuk mengajak seluruh anggota IWAPI Jaksel bangkit mengembangkan bisnis mereka lebih kencang lagi setelah terpuruk oleh pandemi Covid-19.

"Selama pandemi banyak bisnis yang digeluti anggota kami terpuruk. Tahun 2024 ini jadi tahun kebangkitan mereka. Kita memiliki 200 lebih anggota pengusaha wanita dan mereka bergerak di berbagai sektor usaha seperti konstruksi, kuliner, jasa hingga fesyen. Feysen mendominasi," ungkap Ribka Khoe.

Dia menjelaskan, Rakercab I IWAPI Jaksel mengangkat tema lingkungan hidup sebagai inisiatif para pebisnis wanita menyikapi perubahan iklim dan kerusakan lingkungan.

BERITA TERKAIT

"Kami ingin para pengusaha tidak hanya cari cuan, tetapi juga memperhatikan lingkungan di sekitarnya,” sebutnya.

"Tahun ini kami mengadopsi terumbu karang untuk pelestarian di Kepulauan Seribu. Kita juga mendorong anggota menghasilkan produk produk inovatif yang ramah lingkungan seperti produk fesyen dengan pewarna alami dari daun-daunan," bebernya.

Organisasinya bersama dengan pelaku usaha penyewaan kapal pinisi di Ancol menginisiasi penanaman terumbu karang di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, yang dilaksanakan pada 6 Agustus 2024.

Baca juga: Satgas UU Cipta Kerja: UMKM Perlu Dapat Kesetaraan Akses

Dia mengatakan, DPC IWAPI Jakarta Selatan menjadi pionir penanaman terumbu karang di wilayah ini.

Ribka juga menjelaskan, Rakercab kali ini dirancang ringkas dan padat agar efisien dan tidak banyak menyita waktu anggota untuk beraktivitas produktif.

"Kita mulai lebih awal mulai jam 9 dan selesai pukul 13.00 dengan half day meeting agar anggota bisa berkonsentrasi memikiirkan organisasi sebagai payung besar organisasi dunia usaha untuk kaum perempuan," bebernya.

Esti, Ketua Dekranasda Jakarta Selatan mengatakan, melalui Rakercab I kali ini pihaknya berupaya menyosialisaiskan produk-produk inovatif anggota IWAPI Jaksel dan Dekranasda yang belum dikenal masyarakat melalui penyelenggaraan bazaar setiap bulan. "Kita juga berupaya mengangkat produk-produk UMKM Jakarta Selatan," bebernya.

Ketua DPD IWAPI Endah Anshorudin mengatakan pihaknya mendukung inisiatif DPC IWAPI Jaksel menyelenggarakan Rakercab I.

"Kita telah melaksanakan pembukaan Rakercab I IWAPI Jaksel sesuai AD/ART organisasi agar kita para pengurus dan anggota bisa berdiskusi membesarkan untuk organisasi membangun kolaborasi diantara sesama pengusaha perempuan," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas