Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

21 Perusahaan Sabet ESG Initiative 2024

Ajang ini mengapresiasi perusahaan dan individu yang berkomitmen implementasikan prinsip berbasis Environmental, Social, and Governance.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Willem Jonata
zoom-in 21 Perusahaan Sabet ESG Initiative 2024
Tribunnews.com
Penyelenggaraan ESG Initiative Awards (EIA) 2024 di Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 21 perusahaan meraih penghargaan ESG Initiative Awards (EIA) 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Ajang ini memberikan apresiasi kepada perusahaan dan individu yang dinilai berkomitmen dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasional bisnisnya.

Ketua Penyelenggara EIA 2024 Aries Muftie mengungkapkan, implementasi prinsip ESG oleh perusahaan menjadi hal yang krusial. Penerapan aspek keberlanjutan yang optimal pada gilirannya disebut Aries mampu mendatangkan sederet manfaat positif bagi perusahaan.

"Sebaik-baik perusahaan adalah yang paling banyak memberi manfaat baik secara sosial maupun kelestarian lingkungan. Pada akhirnya perusahaan seperti ini pun akan mendapatkan manfaat positif, misalnya diminati oleh para Investor dan juga Konsumen,” terangnya dikutip Minggu, 11 Agustus 2024.

EIA 2024 mengangkat tema “Advancing Sustainability Through Innovative Transformation” diselenggarakan oleh SustainLife Today dan Business Update untuk mengajak seluruh pihak untuk terlibat aktif dalam proses transformasi yang inovatif guna mengoptimalkan penerapan berbagai aspek keberlanjutan di Tanah Air.

Sebelumnya, para ahli, pakar, pengamat serta profesional di bidang sustainability yang tergabung sebagai dewan juri EIA 2024 melakukan seleksi ketat dan evaluasi komprehensif untuk menentukan pemenang berdasarkan kinerja dan inovasi mereka.

BERITA TERKAIT

Ada 24 kategori yang diperebutkan di ajang ini terdiri dari 10 kategori predikat korporat dan 14 kategori lainnya untuk predikat individual.

Proses asesmen awal melibatkan ratusan perusahaan dan mengerucut menjadi 57 perusahaan lalu ke tahap penjurian hingga ditetapkan 21 perusahaan pemenang.

Penerapan aspek good corporate governance (GCG) terintegrasi disoroti jajaran dewan juri EIA 2024 sebagai jalan efektif untuk menjamin implementasi tata kelola yang baik.

“Penerapan GCG dalam tataran implementasi tidak cukup efektif jika hanya mengandalkan tata nilai saja, seperti transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan fairness. Justru letak persoalannya ada pada penerapannya, karena itu secara internal perusahaan harus fokus pada membangun GRC terintegrasi dengan dukungan teknologi informasi,” ungkap Ketua Dewan Juri EIA 2024 Mas Achmad Daniri.

Dengan bermodalkan GRC terintegrasi, sambung Daniri, para perusahaan dapat menjalankan bisnis yang saling memberikan manfaat kepada perusahaan sekaligus para pemangku kepentingan strategisnya dalam menghadirkan kegiatan operasional bisnis yang berkelanjutan.

Sifa Rickewine, Direktur Business Update berharap penyelenggaraan ajang EIA 2024 dapat menjadi katalis positif untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip ESG secara holistik.

"Dengan adanya penghargaan ini, kami ingin mendorong para perusahaan untuk terus berinovasi dan memperkuat implementasi ESG dalam setiap aspek bisnis mereka," kata Direktur Utama SustainLife Today Farhan Syah.

Beberapa perusahaan pemenang ESG Initiative Awards 2024 di kategori Best ESG Reporting & Transparency diantaranya adalah Bank BTN, PLN Icon Plus, Pos Indonesia, BPJS Kesehatan.

Sementara di kategori Best Biodiversity and Nature Conversation adalah PT Japfaa Comfed Indonesia Tbk, Pertamina Foundation, PT Tower Bersama Infrastruktur Tbk, Jasa Marga, Aneka Tambang. (Choirul Arifin)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas