Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menabung Emas di Pegadaian, Untung atau Rugi? Cari Tahu di Sini!

Jika ingin investasi aman, menabung emas di Pegadaian bisa menjadi pilihan. Yuk, cari tahu keuntungan menabung emas di Pegadaian di sini!

Editor: Content Writer
zoom-in Menabung Emas di Pegadaian, Untung atau Rugi? Cari Tahu di Sini!
freepik
Ilustrasi investasi emas 

TRIBUNNEWS.COM - Ketidakpastian kondisi ekonomi yang dibayangi peningkatan inflasi mendorong banyak masyarakat Indonesia untuk berinvestasi. Namun, tidak semua instrumen investasi tergolong aman untuk karyawan dengan gaji bulanan standar. Di antara jenis investasi yang tersedia di Indonesia, menabung emas di Pegadaian kerap menjadi pilihan banyak masyarakat kelas menengah ke atas.

Jika dibandingkan dengan investasi saham, emas tidak memberikan return yang besar dalam waktu singkat. Lantas, mengapa masih banyak orang memilih untuk menabung emas di Pegadaian? Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, pelajari keuntungan menabung emas di Pegadaian berikut.

Baca juga: Merdeka! Nabung Emas Praktis, Diskonnya Fantastis di Pegadaian

1. Emas Tahan Terhadap Inflasi
Instrumen investasi dikelompokkan dari yang berisiko tinggi hingga rendah. Emas tergolong sebagai instrumen investasi yang aman dan berisiko rendah. Pergerakan harganya lebih stabil dibandingkan saham dan valuta asing, terutama saat inflasi. Investor sering kali memilih emas untuk diversifikasi portofolio agar pengumpulan keuntungan dari investasinya tetap aman saat nilai instrumen lainnya menurun.




2. Biaya Pemeliharaan Terjangkau
Menabung emas di Pegadaian tergolong aktivitas yang tidak menghabiskan banyak biaya. Setiap tahunnya, pengguna Tabungan Emas di Pegadaian hanya perlu membayar biaya pemeliharaan sebesar Rp30 ribu. Bahkan, pembukaan rekening Tabungan Emas melalui aplikasi Pegadaian Digital bebas biaya pemeliharaan selama setahun.

3. Emas Dijamin 24 Karat
Emas yang ditabung di Pegadaian dijamin 24 karat. Artinya, emas tidak mengandung campuran logam mulia lain seperti perhiasan emas pada umumnya. Kemurnian emas pada tingkat 99,9 persen ini ditandai dengan karakternya yang lunak sehingga mudah penyok.

4. Pembelian Awal Minimal Rp10 Ribu
Investasi tentunya bukan menjadi prioritas dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Namun, tidak ada salahnya menyisihkan sebagian dari gaji bulanan untuk berinvestasi sesuai dengan kemampuan. Hanya dengan Rp10 ribu, kamu sudah bisa membuka rekening Tabungan Emas di Pegadaian. Penambahan saldo tabungan setelahnya juga fleksibel.  

5. Prosedur Menabung Mudah
Di era transaksi serba digital ini, menabung emas di Pegadaian terbilang praktis dan tidak menghabiskan waktu. Prosedur menabung emas dapat dilakukan tanpa harus mendatangi outlet karena opsi top up saldo Tabungan Emas tersedia di aplikasi Pegadaian Digital. Namun, pengguna yang ingin menabung emas langsung dapat mendatangi outlet Pegadaian terdekat. Penambahan saldo tabungan akan dibantu oleh petugas.

BERITA TERKAIT

6. Pencairan Bisa Dilakukan Kapan Saja
Saldo Tabungan Emas di Pegadaian tidak hanya bisa disimpan untuk kebutuhan jangka panjang. Emas memiliki tingkat likuiditas tinggi sehingga cocok untuk pemenuhan dana cepat sewaktu-waktu. Kamu bisa memilih gadai atau jual saldo Tabungan Emas guna mengonversikan emas ke uang tunai. Pengajuannya bisa dilakukan secara langsung di outlet Pegadaian terdekat atau melalui aplikasi Pegadaian Digital.

7. Emas Dijamin Tersimpan dengan Aman
Bentuk fisik dari saldo Tabungan Emas akan disimpan di outlet Pegadaian yang kamu tentukan. Tidak hanya disimpan, emas juga memiliki sertifikat keaslian dan diasuransikan sepenuhnya oleh Pegadaian.

8. Kantor Cabang Tersebar di Seluruh Indonesia
Outlet Pegadaian dapat ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini memudahkan aktivitas menabung ataupun mencetak buku rekening Tabungan Emas bagi pengguna aplikasi Pegadaian Digital.

9. Dapat Memenuhi Kebutuhan di Masa Depan
Tabungan Emas bisa menjadi bentuk investasi jangka panjang untuk membantu pemenuhan kebutuhan keuangan di masa depan, seperti menyekolahkan anak, menyiapkan dana pensiun, ataupun pembiayaan haji. Kenaikan harga emas dari waktu ke waktu dapat memberikan keuntungan lebih dan memastikan keamanan finansial rumah tangga di saat nilai tukar rupiah terhadap dolar menurun.

Nah, itulah beberapa keuntungan menabung emas di Pegadaian yang bisa menjadi pertimbangan bagi investor pemula. Selain fleksibel, fluktuasi harga emas juga cenderung positif. Bagi yang memiliki dana terbatas, menabung emas bisa menjadi pilihan karena biaya pembelian awal dan pemeliharaannya terjangkau.

Baca juga: Emang Boleh Investasi Emas Semudah Ini? Yuk, Segera Cek Cara Nabung Emas di Pegadaian

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas