Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pengiriman Paket Pos Indonesia di IKN Gunakan Van dan Truk Listrik

Pemerintah menginginkan seluruh kendaraan yang beroperasi di IKN merupakan kendaraan ramah lingkungan.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pengiriman Paket Pos Indonesia di IKN Gunakan Van dan Truk Listrik
HO
PosIND gunakan kendaraan listrik untuk pengantaran paket di Ibu Kota Nusantara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih berlangsung. Gedung-gedung pemerintahan dan hunian satu persatu mulai berdiri dan siap digunakan.

Fasilitas penunjang bisnis juga sudah siap beroperasi, seperti untuk logistik para penduduk di IKN. Perusahaan logistik PT Pos Indonesia (PosIND) meresmikan gerai kedua yang berlokasi di Kawasan Hunian ASN, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Pemerintah menginginkan seluruh kendaraan yang beroperasi di IKN merupakan kendaraan ramah lingkungan. Oleh karenanya PosIND menggunakan van listrik Mitsubishi L100 EV dan truk listrik Fuso eCanter.

Baca juga: Kominfo: IKN Bisa Jadi Pusat Smart City Baru yang Kompetitif di Tingkat Global

Executive Vice President Regional 6 PT Pos Indonesia (Persero) Hany Sartana, menyampaikan Nusantara Logistics hub di Ibu Kota Nusantara diharapkan dapat menjadi ekosistem transportasi ideal, baik dari infrastruktur, serta sarana dan fasilitas pendukung lainnya, yang nantinya dapat diterapkan di seluruh wilayah tanah air.

"Kami memiliki rencana untuk memanfaatkan Mitsubishi L100 EV dan Fuso eCanter di berbagai kegiatan operasi PT Pos Indonesia, khususnya di Ibu Kota Nusantara. Partisipasi Mitsubishi dalam kegiatan ini juga mencerminkan dukungan penuh perusahaan terhadap program-program lingkungan yang sedang dicanangkan di Ibu Kota baru ini," ucap Hany belum lama ini.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita, menyatakan Mitsubishi berkomitmen untuk menyediakan solusi mobilitas yang ramah lingkungan, terutama di kawasan penting seperti Ibu Kota Nusantara.

BERITA TERKAIT

'Kami bangga dapat berkontribusi dalam mendukung PosIND dengan menggunakan Mitsubishi L100 EV, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan logistik modern yang efisien dan berkelanjutan," tutur Kurita dalam keterangan resmi.

Mitsubishi yakin berbagai keunggulan tersebut membuat Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikasi, serta range harga yang ditawarkan.

"Model ini dapat diserap dengan baik oleh costumer Indonesia yang membutuhkan kendaraan operasional untuk mendukung bisnisnya," imbuh Kurita.

Kolaborasi antara PT Pos Indonesia dan Mitsubishi dimulai beberapa tahun lalu melalui aktivitas uji coba atau Proof of Concept (PoC) pada L100EV dan eCanter, yang memperkuat hubungan dan kepercayaan dalam industri bisnis logistik.

Melalui upaya tersebut, MMKSI dan Pos Indonesia melakukan studi bersama melalui kegiatan konsep uji coba dengan menggunakan model Mitsubishi L100 EV selama 11 bulan, dari April 2022 hingga Maret 2023.

President Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Daisuke Okamoto, mengatakan kontribusi eCanter tidak hanya menjadi bukti nyata bahwa truk listrik ini adalah solusi masa depan yang andal untuk berbagai sektor industri, tetapi juga mampu menghadapi tantangan operasional di berbagai medan jalan di seluruh Indonesia.

"Kami percaya bahwa eCanter akan memainkan peran vital dalam mencapai tujuan ini, sekaligus memperkuat komitmen kami terhadap pelestarian lingkungan dan keberlanjutan masa depan," ungkap Okamoto.

Sejak tahun 2022, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) telah melakukan serangkaian proof of concept (PoC) untuk memastikan keandalan serta kinerja eCanter di berbagai medan di Indonesia dan PT Pos Indonesia pun menjadi mitra dalam kegiatan ini.

Hasilnya, PT Pos Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi dan yakin bahwa eCanter adalah pilihan tepat untuk mendukung inisiatif logistik ramah lingkungan di IKN.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas