Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sepanjang Juli 2024 Ada 1,3 Juta Wisatawan Mancanegara Kunjungi Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menerima sinyal positif menyoal kunjungan wisatawan mancanegara pada Juli 2024.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sepanjang Juli 2024 Ada 1,3 Juta Wisatawan Mancanegara Kunjungi Indonesia
Netfalls Remy Musser/Shutterstock via bali-indonesia.com
Sepanjang Juli 2024 Ada 1,3 Juta Wisatawan Mancanegara Datang ke Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dengan keanekaragaman alam dan budaya, Indonesia menjadi negara yang banyak didatangi warga negara dari negara-negara di belahan dunia lain.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerima sinyal positif menyoal kunjungan wisatawan mancanegara pada Juli 2024.




"Kita lihat jumlah wisatawan mancanegara di bulan Juli ini memberikan sinyal yang positif yaitu terjadi kunjungan sejumlah 1,3 juta kunjungan," tutur Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya dalam konferensi pers The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (2/9/2024).

Baca juga: Jumlah Wisman ke Indonesia Tembus 6,4 Juta Kunjungan, Negara Tetangga Ini yang Mendominasi

Jumlah di atas naik sebesar 9,42 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, naik signifikan 16,91 persen.

Kebanyakan wisatawan mancanegara tersebut datang melalui pintu jalur udara, laut, pos perbatasan hingga perbatasan laut.

Lebih jauh Nia mengungkap, dari data wisatawan mancanegara Januari - Juli tahun 2024, Indonesia telah dikunjungi sejumlah 7.752.910 wisatawan mancanegara dan secara kumulatif tumbuh 20,75 persen dibanding tahun lalu dengan periode yang sama.

BERITA TERKAIT

Kemenparekraf sendiri menargetkan jumlah wisman hingga akhir tahun 2024 bisa tembus di angka 14,3 juta kunjungan. Dengan capaian tujuh bulan pertama 2024, artinya sudah tembus di angka 54 persen.

"Ini cukup bagus, tetapi kita tidak boleh berleha-leha dan kami masih punya harapan di libur akhir tahun. Itu menjadi PR bersama untuk kita mengejar target. Insya Allah targetnya bisa tercapai," ucap Ani.

Beralih ke Wisatawan Nusantara atau Wisnus. Jumlah perjalanannya mencapai 598,72 juta perjalanan. Terjadi peningkatan 18,03 persen di periode Januari - Juli 2024 dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

"Pulau Jawa masih mendominasi karena Pulau Jawa penduduknya terbesar dan kalau dilihat moda transportasi yang paling banyak digunakan saat orang berlibur adalah jalan darat dengan mobil pribadi. Pulau Jawa secara infrastruktur cukup menunjang khususnya ada jalan tol. Destinasinya masih daerah itu-itu saja Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Jogja dan Sumatera Utara," jelasnya.

Baca juga: Kejar Target 14 Juta Kunjungan Wisman, Anak Buah Sandiaga Uno Temui Pejabat Qatar Airways

Untuk wisatawan nasional sepanjang Januari - Juli 2024 yang ke luar negeri mencapai sebanyak 5.342.902 perjalanan, naik 22,15 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Untuk wisatawan nasional banyak bepergian ke luar negeri diantaranya Malaysia, kedua Arab Saudi, Singapura, Thailand dan kelima Tiongkok," kata Nia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas