Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PLTS Ground-Mounted Berkapasitas 100 MWp Beroperasi di Indonesia

PLTS 100 MWp telah beroperasi secara komersial dan mulai memberikan dukungan sistem kelistrikan di Kawasan Industri KBI.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in PLTS Ground-Mounted Berkapasitas 100 MWp Beroperasi di Indonesia
HO
Peresmian PLTS Ground-Mounted di Kawasan Industri Kota Bukit Indah (KBI), Purwakarta, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Mewujudkan komitmen penggunaan energi bersih guna menekan emisi karbondioksida, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi satu dari sekian banyak solusi.

Indonesia sendiri baru saja meresmikan operasional PLTS Ground-Mounted yang berlokasi di Kawasan Industri Kota Bukit Indah (KBI), Purwakarta, Jawa Barat.




Pembangunan PLTS Ground-Mounted berkapasitas 100 MWp bertujuan untuk mempertegas komitmen Indonesia dalam mencapai target bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Baca juga: Menteri Rosan Ungkap 2 Nama Perusahaan Asing Investasi di IKN, Ada yang Mau Bangun PLTS

Pembangunan PLTS ini diinisiasi PT Aruna Hijau Power (AHP). Perusahaan ini didirikan atas kolaborasi antara PT Aruna Cahaya Pratama (Aruna PV) dan PT PLN Batam anak usaha PT PLN Persero.

Dengan kapasitas sebesar ini, PLTS Ground-Mounted 100 MWp di Kawasan Industri KBI tidak hanya akan memenuhi kebutuhan energi kawasan industri dan sekitarnya, tetapi juga menjadi model keberlanjutan bagi proyek EBT di seluruh negeri.

Direktur Utama AHP Adi Dharmanto, mengatakan PLTS 100 MWp telah beroperasi secara komersial dan mulai memberikan kontribusi nyata dalam mendukung sistem kelistrikan di Kawasan Industri KBI.

BERITA TERKAIT

"Ini adalah wujud nyata dari komitmen kita semua dalam menyediakan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan bagi masa depan," ungkap Adi dalam keterangan resmi, Jumat (6/9/2024).

Executive Director Salim Group Axton Salim, menggambarkan kemajuan teknologi, inovasi dan semangat kolaborasi yang kuat antar berbagai pihak, pemerintah, sektor swasta, lembaga penelitian dan masyarakat.

"Dengan bekerja sama, kita dapat mengatasi tantangan-tantangan besar yang ada di depan kita dan memastikan bahwa langkah-langkah yang kita ambil membawa manfaat yang luas bagi masyarakat dan lingkungan," tutur Axton.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas