Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Perkebunan Indonesia Expo 2024 Digelar di ICE BSD Mulai 12-14 September 2024

Bunex 2024 mengusung tema Perkebunan Berkelanjutan untuk Ketahanan Pangan dan Energi Menuju Indonesia Emas 2045.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Perkebunan Indonesia Expo 2024 Digelar di ICE BSD Mulai 12-14 September 2024
Lita Febriani/Tribunnews.com
Pembukaan Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2024 di ICE BSD, Tangerang, Banten, 12-14 September, Kamis (12/9/2024). 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Mewujudkan ambisi sebagai negara dengan ketahanan pangan dan energi yang baik, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian menggelar Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2024 di ICE BSD, Tangerang, Banten, 12-14 September.

Bunex 2024 mengusung tema Perkebunan Berkelanjutan untuk Ketahanan Pangan dan Energi Menuju Indonesia Emas 2045.

Pameran yang memasuki tahun ketiga ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi antara pelaku pembangunan perkebunan, memberikan wawasan, pengetahuan dan informasi terkait capaian pembangunan perkebunan berkelanjutan.

Baca juga: 7 Bulan Tak Pulang, Wanita di Bandung Ditemukan Terkubur di Perkebunan, Pelaku Orang Dekat Korban

Selain itu, Bunex juga sebagai wadah dalam pembangunan bisnis dan kegiatan usaha, serta perdagangan produk-produk perkebunan yang berdaya saing.

Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, menyampaikan Perkebunan Indonesia Expo memberi kesempatan kepada masyarakat untuk ikut melihat, terlibat dan mendapatkan kesempatan dengan belajar dari para ahli di bidangnya.

BERITA TERKAIT

"Silahkan hadir di Perkebunan Indonesia Expo di tanggal 12-14 September di ICE BSD. Kami mendorong adanya penciptaan potensi-potensi baru, koneksi, perdagangan baru dari pengusaha kita di Indonesia," tutur Sudaryono saat membuka Bunex 2024, Kamis (12/9/2024).

Plt. Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Heru Tri Widarto, mengatakan event ini selain diisi oleh kegiatan pameran yang menghadirkan produk-produk perkebunan, alat dan mesin pertanian, hasil riset dan teknologi, dukungan lembaga sertifikasi dan pelatihan, juga menampilkan teknologi dan inovasi dari implementasi Biodiesel B50.

"Bunex 2024 juga menampilkan inovasi dari kelapa sawit untuk pangan dan energi. Di samping itu, ada serangkaian yang talkshow dan FGD tentang kelapa sawit dan komunitas perkebunan lainnya," ungkap Heru.

Baca juga: Tokoh Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita Terima Penghargaan Doktor Honoris Causa

Bunex 2024 menargetkan dikunjungi oleh lebih dari 10.000 orang, terdiri dari pelaku industri dan perdagangan, pekebun, akademisi, mitra pembangunan, asosiasi dan masyarakat umum.

"Melalui Bunex 2024 kami ingin menyampaikan pesan kepada khalayak bahwa perkebunan Indonesia harus terus bertumbuh dan berkembang dalam prinsip-prinsip berkelanjutan. Perkebunan juga dibangun atas semangat fokus, responsif dan kolaboratif," imbuh Heru.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas