Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Mining Indonesia Peluang Emas Pengenalan Pelumas untuk Alat Berat

Industri pertambangan masih menjadi andalan penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada 2023, sektor ini tumbuh 6,12 persen dibandingkan tahun lalu

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Mining Indonesia Peluang Emas Pengenalan Pelumas untuk Alat Berat
HO
Industri pertambangan masih menjadi andalan penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada 2023, sektor ini tumbuh 6,12 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri pertambangan masih menjadi andalan penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada 2023, sektor ini tumbuh 6,12 persen dibandingkan tahun sebelumnya.




Pertumbuhan industri tambang disokong oleh sub-sektor pertambangan bijih logam, yang permintaan atas olahan nikel sebagai input industri logam dasar terus naik.

Menguatnya kinerja pertambangan, tentu membuat kebutuhan pelumas untuk alat-alat yang bekerja ekstra ini juga ikut meningkat.

Baca juga: Pasar Motor Indonesia Masih Potensial, Fuchs Silkolene Serbu Market dengan Pelumas Berteknologi XP

Tidak seperti kendaraan lain yang memakai pelumas untuk sekadar menghindari gesekan berlebih pada mesin, oli alat berat harus memiliki spesifikasi yang bisa menghindarkan mesin dari high temperature karena engine bekerja lebih keras.

Pelumas alat berat yang tepat dapat menghindari mesin dari bahaya yang bisa berakibat pada kerusakan mesin. Ingat, saat satu alat berat rusak operasional pertambangan kemungkinan akan terganggu dan bisa mengurangi produksi.

BERITA TERKAIT

Pada pameran Mining Indonesia yang merupakan bagian dari event Indonesia Energy and Engineering (IEE) 2024, ragam alat berat dan pelumasnya mampu ditemukan secara langsung oleh para pembeli.

President Director Castrol Indonesia Enjelita Jahja, menyampaikan Indonesia Energi and Engineering Series 2024 merupakan ajang strategis bagi Castrol Indonesia untuk mengenalkan inovasi pelumas terbaru yang dirancang khusus untuk industri pertambangan.

"Castrol Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung berbagai sektor industri di Tanah Air dengan menyediakan produk-produk pelumas yang tidak hanya memenuhi, tetapi melampaui standar industri," tutur Enjelita, dalam keterangan, Kamis (12/9/2024).

Vice President Castrol Asia Pacific Mike Zhang, menerangkan kendaraan pertambangan yang bekerja berat harus didukung dengan pelumas yang tepat.

"Di Indonesia, kami terus berinovasi dan memperkenalkan produk seperti Castrol CRB Mining untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh industri pertambangan saat ini. Dengan teknologi dan pengalaman yang kami miliki, kami yakin dapat terus menjadi mitra terpercaya bagi sektor pertambangan di Indonesia," ucap Zhang.

CRB Mining dirancang untuk memastikan kinerja yang stabil pada alat berat, mengurangi keausan mesin dan memperpanjang usia operasional peralatan, sehingga membantu perusahaan tambang meningkatkan produktivitas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas