Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Catatkan Kesepakatan Kerja Sama Rp 3,1 Triliun, Bunex 2024 Diharapkan Tingkatkan Devisa Negara

Bunex 2024 telah berhasil menyelenggarakan acara dengan total pendukung 133 booth. berapa nilai transaksinya?

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Sanusi
zoom-in Catatkan Kesepakatan Kerja Sama Rp 3,1 Triliun, Bunex 2024 Diharapkan Tingkatkan Devisa Negara
HO
Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2024 


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2024 secara resmi ditutup.

Acara penutupan diawali dengan penandatanganan MoU antara pelaku usaha dan buyer dari komoditas tebu, kopi, kakao, vanili, dan pinang, yang bertujuan untuk meningkatkan perolehan devisa negara. 

Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perkebunan, Heru Tri Widarto. 

Baca juga: Musim Mas Perkenalkan Empat Bibit Seri GS Varietas Baru Kelapa Sawit pada BUNEX 2024

Hal ini menandai komitmen kuat para pihak dalam mendorong ekspor produk-produk perkebunan Indonesia ke pasar internasional melalui event yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan serta didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Ketua Pelaksana Bunex 2024, Prayudi Syamsuri mengungkapkan Bunex 2024 telah berhasil menyelenggarakan acara dengan total pendukung 133 booth, yang terdiri dari 60 booth UMKM dan 73 booth dari perusahaan perkebunan dan lembaga pendukung lainnya, dengan total pengunjung mencapai lebih dari 15.268 pengunjung.

Baca juga: Bunex, Kementan dan BPDPKS Sosialisasikan Program Beasiswa Kelapa Sawit Kepada Ratusan Mahasiswa

“Bunex 2024 mencatat total transaksi langsung kurang lebih sebesar 2,32 miliar rupiah, dengan potensi transaksi dari para buyer mencapai 367,2 miliar rupiah. Penandatanganan 11 MoU dengan nilai mencapai 3,1 triliun rupiah juga menjadi pencapaian penting dalam rangkaian kegiatan expo ini,” ujar Prayudi dalam keterangannya, Sabtu (21/9/2024). 

Prayudi juga mendorong semua pihak untuk terus meningkatkan mutu, nilai tambah, serta daya saing produk perkebunan Indonesia. Dari berbagai pencapaian ini, para UMKM mengapresiasi Direktorat Jenderal Perkebunan dan BPDPKS karena merasakan langsung dampak positif dari terselenggaranya Bunex ini.

BERITA TERKAIT

Salah satu highlight dari expo ini adalah diperkenalkannya teknologi Biodiesel B50, yang diharapkan dapat mendukung program ketahanan energi.

Baca juga: Juicy Luicy Pukau Penonton Bunex Hari Ketiga

"Semoga segala upaya yang kita laksanakan dalam Bunex ini dapat terus memberikan kontribusi, baik saat ini maupun di masa depan, untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia," ujar Prayudi.

Selain itu, sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap kontribusi para stakeholder, UMKM, serta pelaku usaha di industri perkebunan, diberikan berbagai penghargaan yang mencerminkan dedikasi dan usaha mereka. Melalui penghargaan ini, diharapkan dapat memotivasi dan menghargai kontribusi mereka yang berperan penting dalam kesuksesan acara dan pengembangan usaha.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perkebunan menekankan pentingnya sektor perkebunan sebagai penyumbang devisa terbesar dari sektor non-migas.

"Melalui Bunex ini, kita semakin sadar bahwa sektor perkebunan merupakan kekuatan besar dalam perekonomian nasional, dan Perkebunan Indonesia Expo adalah ajang yang tepat untuk mempromosikan produk-produk perkebunan dengan cara yang lebih modern," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas