Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menteri Bahlil Tekankan Pentingnya Perusahaan Tambang Jalankan Kaidah ESG

Pentingnya memperhatikan pengelolaan pasca tambang dan menjaga kaidah pertambangan yang baik agar operasional pertambangan berkelanjutan.

Penulis: Sanusi
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Menteri Bahlil Tekankan Pentingnya Perusahaan Tambang Jalankan Kaidah ESG
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia. Pentingnya memperhatikan pengelolaan pasca tambang dan menjaga kaidah pertambangan yang baik agar operasional pertambangan berkelanjutan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, menyampaikan terima kasih kepada perusahaan tambang atas kontribusi terhadap penerimaan negara.

Dengan penghargaan ini, PPA semakin mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan jasa pertambangan yang tidak hanya berfokus pada produksi, tetapi juga memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap keselamatan kerja, lingkungan dan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

Ia juga menekankan pentingnya memperhatikan pengelolaan pasca tambang dan menjaga kaidah pertambangan yang baik agar operasional pertambangan berkelanjutan.

Bahlil menjelaskan, setiap perusahaan tambang harus mampu mengedepankan penerapan kaidah pertambangan yang menekankan penguatan pada prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) pada subsektor pertambangan minerba untuk keberlanjutan usaha dan meningkatkan daya saing.

Baca juga: Bos MIND ID Dukung Upaya Pemerintah Jadikan Pertambangan Tulang Punggung Ekonomi RI

Hal itu dikatakan Bahlil pada ajang Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2024 atau GMP (Good Mining Practices) Award 2024 yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/9/2024).

Good Mining Practice Award merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan pertambangan yang menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya perusahaan dalam menjaga praktik penambangan dengan mengedepankan keselamatan kerja, perlindungan lingkungan, penerapan konservasi mineral dan batubara, pengelolaan teknis serta penerapan standarisasi usaha jasa pertambangan.

BERITA REKOMENDASI

Dirjen Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tri Winarno, memberikan apresiasi kepada perusahaan tambang lainnya yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik.

"Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh insan pertambangan untuk terus meningkatkan standar operasional yang memprioritaskan keselamatan manusia, perlindungan lingkungan, serta kontribusi positif bagi negara dan masyarakat," ujarnya.

Di sisi lain, PT Putra Perkasa Abadi (PPA) kembali mendapatkan pengakuan atas dedikasinya dalam menerapkan Good Mining Practices (GMP).

Pada ajang Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2024 atau GMP Award 2024, PPA menerima penghargaan Trofi Best of The Best kategori Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara Kelompok Pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan dari Kementerian ESDM.

PPA mencatatkan nilai tertinggi dari 78 perusahaan yang meraih penghargaan GMP Award pada kategori kelompok Pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan. Ini merupakan ketiga kalinya PPA meraih trofi terbaik GMP Award, sebelumnya PPA juga meraih trofi terbaik pada tahun 2022 dan 2023.

Direktur Operasional PPA, R. Teguh Saptosubroto yang turut hadir mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas perusahaan dalam menjalankan operasi pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, dan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim PPA dan mitra kerjanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas