Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

ITDC: MotoGP Mandalika Ditonton 120 Ribu Orang, Uang yang Berputar Rp4,8 Triliun

ITDC menyatakan, gelaran MotoGP Mandalika 2024 ditonton 120 ribu pengunjung.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in ITDC: MotoGP Mandalika Ditonton 120 Ribu Orang, Uang yang Berputar Rp4,8 Triliun
AFP/SONNY TUMBELAKA
Kiri ke kanan: Juara II MotoGO Mandalika, pebalap RedBull GASGAS Tech3 asal Spanyol Pedro Acosta, peringkat pertama pebalap Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin, dan peringkat ketiga pebalap Tim Ducati Lenovo asal Italia Francesco Bagnaia. Mereka merayakan di podium setelah balapan MotoGP di Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Minggu (29 September 2024). (SONNY TUMBELAKA/STR/AFP) 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney melalui anak usahanya InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), sukses menyelenggarakan MotoGP di Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat.

ITDC menyatakan, gelaran MotoGP Mandalika 2024 ditonton 120 ribu pengunjung.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengungkapkan, ajang ini merupakan katalis bagi pengembangan dari suatu destinasi pariwisata.

Lebih dari itu, bahwa Pertamina Grand Prix of Indonesia juga menjadi salah satu upaya untuk nation branding yang sangat baik untuk Indonesia.

“Pengembangan Mandalika menjadi investasi penting yang kita lakukan untuk dampak yang jangka panjang untuk suatu daerah," papar Maya dalam keterangannya, Senin (30/9/2024).

BERITA REKOMENDASI

"Sektor pariwisata bisa menjadi engine untuk pertumbuhan ekonomi ke depan, dengan digelarnya Pertamina Grand Prix of Indonesia ini secara konsisten, kita berharap 5 sampai 10 tahun ke depan dapat memberikan dampak yang berkelanjutan untuk pariwisata NTB dan Indonesia,” sambungnya.

Baca juga: Serba-serbi MotoGP Mandalika 2024 - Marc Marquez Syok Tahu Ukuran Sepatu Balap Enea Bastianini

Gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 diyakini memberikan multiplier effect yang luar biasa dengan dampak ekonomi diperkirakan mencapai Rp4,8 triliun.

Ajang ini juga ditonton lebih dari 300 juta pasang mata di seluruh dunia dengan jumlah 119 stasiun TV dengan lebih dari 200 negara yang menyiarkan ajang balap ini.

Dari sisi penyelenggaraan, InJourney turut melibatkan sekitar 800 UMKM dengan melibatkan 3.000 tenaga kerja.

“InJourney juga fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan melibatkan masyarakat lokal. Karena itu dalam ajang MotoGP tahun ini jumlah orang yang bekerja di kawasan tersebut naik signifikan,” ungkap Maya.

Baca juga: Efek Motor Marquez Terbakar di Mandalika, si Baby Alien Bukan Lagi Kandidat Juara Dunia MotoGP 2024

Menurut dia, kesuksesan ajang balap ini tak lepas dari kerjasama dan kolaborasi yang luar biasa antar pemerintah pusat dan daerah, sinergi BUMN dan swasta, serta partisipasi aktif dari masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas dukungan seluruh pihak dan kolaborasi yang luar biasa dalam menyukseskan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 ini," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas